kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan mutu produk perikanan dan kelautan, BSN beri penghargaan ke KKP


Jumat, 22 November 2019 / 13:35 WIB
Tingkatkan mutu produk perikanan dan kelautan, BSN beri penghargaan ke KKP
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih penghargaan tertinggi Herudi Technical Committee Award (HTCA) 2019 dari Badan Standardisasi Nasional (BSN?di Gedung BPPT II, Jakarta, Rabu (20/11).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih penghargaan tertinggi Herudi Technical Committee Award (HTCA) 2019 dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).  

Penghargaan tersebut diberikan kepada Komite Teknis 65-05: SNI Produk Perikanan dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) KKP sebagai Komite Teknis Perumusan SNI dengan kinerja terbaik.

Baca Juga: Menteri KKP yang baru hentikan penenggelaman kapal, ini komentar Susi Pudjiastuti

Selain itu, penghargaan lainnya juga diberikan kepada Komite Teknis 65-08: SNI Produk Kelautan/Perikanan Non-Pangan.

Direktur Pengolahan dan Bina Mutu KKP Innes Rahmania mengatakan, penghargaan tersebut merupakan yang kelima bagi KKP. Karena itu, ia mengapresiasi BSN karena telah memberikan kepercayaan dalam pemberian penghargaan HTCA selama lima tahun secara beruntun kepada KKP dalam 12 kali penyelenggaraanya

Menurut Innes, penghargaan ini memacu KKP untuk terus berkomitmen dan menjadikan standarisasi sebagai program prioritas.

"Dalam implementasinya, SNI yang telah disusun mendukung percepatan ekspor produk perikanan melalui Sertifikasi Kelayakan Pengolahan (SKP), Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), dan Pengembangan Lembaga Sertifikasi Produk Hasil Perikanan di daerah untuk menerbitkan SPPT SNI,” ujar Innes dalam siaran pers, Jumat (22/11).

Baca Juga: KKP dukung penyelenggaran IPF yang tampilkan pesona mutiara laut selatan

Hingga saat ini, kinerja pengembangan SNI produk kelautan dan perikanan menunjukkan tren yang positif. Terdapat 226 SNI produk kelautan dan perikanan yang telah diterbitkan. Dua di antaranya yaitu SNI Wajib untuk Produk Tuna dan Produk Sarden/Makarel dalam Kemasan Kaleng.

Secara terpisah, Direktur Jenderal PDSPKP KKP Agus Suherman menyatakan, KKP akan selalu berkomitmen tinggi dalam kegiatan perumusan dan penerapan SNI.

“Hal ini kita lakukan dengan selalu memperhatikan penguatan regulasi di bidang standardisasi, komitmen manajemen/organisasi, komitmen pengelolaan kepada anggota komite teknis, dan komitmen pengelolaan sekretariat komite teknis menjadi SDM unggul di bidang standardisasi,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BSN Bambang Prasetya menyerahkan langsung penghargaan HTCA 2019 untuk Komite Teknis 65-05 Innes Rahmania dalam kegiatan Temu Komite Teknis Perumusan SNI di Gedung BPPT II, Jakarta, Rabu (20/11).

Baca Juga: Menteri Edhy Prabowo: Tidak ada lagi penenggelaman kapal

Sedangkan penghargaan untuk Komite Teknis 65-08 diserahkan kepada Direktur Pemasaran Machmud.

HTCA merupakan penghargaan yang diberikan BSN kepada Komite Teknis Perumusan SNI yang memiliki kinerja terbaik. Tahun ini, HTCA mengambil tema “SDM Unggul untuk Pengembangan Standar Mendukung Pembangunan Berkelanjutan”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×