kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan rasio elektrifikasi di NTT, PLN berikan sambungan listrik gratis


Senin, 13 Mei 2019 / 20:07 WIB
Tingkatkan rasio elektrifikasi di NTT, PLN berikan sambungan listrik gratis


Reporter: Filemon Agung | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Ratio Elektrifikasi (RE) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masih dibawah 90% membuat Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus melakukan sejumlah upaya peningkatan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kontan.co.id, PLN berencana memberikan sambungan gratis kepada 11.000 Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam ketegori tidak mampu yang ada sesuai data base terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

PLN tetap optimistis mampu merealisasikan rencana ini sekalipun menemui sejumlah kendala termasuk ketidaktersediaan jaringan tegangan rendah untuk semua KK. PLN berencana menambahkan infrastruktur baru berupa Jaringan Tegangan Menengah dan Tengangan Rendah lengkap dengan Trafo Distribusi. Langkah ini perlu diambil mengingat sebagian dari warga yang akan mendapatkan sambungan gratis belum tersedia jaringan listriknya.

Sementara dalam pembangunan infrastruktur kelistrikan untuk memperkuat dan memperluas jangkauan sistem interkoneksi PLN membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV di Ruteng hingga Bajawa.

Transmisi 70 kV tersebut akan melewati beberapa kabupaten antara lain : Manggarai Timur (Bojong) - Nagekeo, Ende (Kampung Ropa), Maumere, Wairita dan Kabupaten Larantuka.

Adapun SUTT 70 kV di jalur Ruteng - Ropa PLN ditargetkan rampung akhir tahun 2019. Kontur tanah berbukit-bukit disebut sebagai salah satu kendala dalam melaksanakan proyek ini.

Direktur Bisnis regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara Djoko Abumanan disela-sela persemian BBM satu harga SPBU Pocoranaka Manggarai Timur bilang untuk jangka pendek pada triwulan III dapat dioperasikan section Ruteng - Bejawa. "Terima kasih kepada warga dan pemerintah yang telah membantu perizinan dan penyediaan lahan untuk tapak-tapak tower," ujar Djoko, Jumat (10/5).

Lebih jauh Djoko menyebut khusus untuk pembangunan SUTT 70 kV Sistem Flores dari ujung barat hingga ujung timur panjang lintasannya mencapai 600 km.

Upaya PLN tersebut merupakan wujud pemerataan pembangunan jaringan kelistrikan dan guna memenuhi kebutuhan masyarakat NTT serta bentuk dukungan pengembangan industri dan pariwisata .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×