kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.524.000   9.000   0,59%
  • USD/IDR 16.200   -100,00   -0,62%
  • IDX 7.163   83,30   1,18%
  • KOMPAS100 1.069   11,81   1,12%
  • LQ45 837   10,56   1,28%
  • ISSI 216   0,73   0,34%
  • IDX30 429   5,85   1,38%
  • IDXHIDIV20 517   5,46   1,07%
  • IDX80 122   1,47   1,22%
  • IDXV30 126   0,22   0,17%
  • IDXQ30 143   1,38   0,97%

Tokopedia dan ShopTokopedia Catat Pertumbuhan Transaksi Positif Selama Harbolnas 2024


Senin, 30 Desember 2024 / 17:54 WIB
Tokopedia dan ShopTokopedia Catat Pertumbuhan Transaksi Positif Selama Harbolnas 2024
ILUSTRASI. Pelaku usaha melakukan live shopping saat Mega Guncang 12.12 Playground di Taman Literasi Blok M, Jakarta (11/12/2024). ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, menggelar kegiatan secara offline yang menghadirkan pengalaman live shopping dengan banyak promo untuk menyambut kemeriahan Hari Belanja Online Nasional yang jatuh pada 12 Desember 2024. (Foto Dok. ShopTokopedia)


Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia dan ShopTokopedia berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi yang signifikan, terutama selama perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024.

Pada puncak kampanye Promo Guncang 12.12, transaksi melalui fitur LIVE di TikTok melesat hingga 50 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Beberapa kategori produk yang mencatatkan penjualan tertinggi di Tokopedia selama Promo Guncang 12.12 meliputi Kecantikan dan Perawatan Diri, Handphone dan Elektronik, serta Fashion Pria.

Baca Juga: Tokopedia dan ShopTokopedia Ungkap Produk Terlaris Jelang Tahun Baru 2025

Sementara di ShopTokopedia, kategori populer adalah Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion Wanita, dan Fashion Muslim.

Menurut Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia dan TikTok E-commerce, kolaborasi dengan TikTok, terutama melalui fitur live streaming, menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam mendorong pertumbuhan transaksi di ShopTokopedia.

"Fitur LIVE memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi langsung dalam format yang lebih menarik. Ini membantu meningkatkan penjualan, terutama selama periode Harbolnas," ujar Aditia kepada Kontan.co.id, Senin (30/12).

Sebagai contoh, penjual batik seperti Batik Paduka dan Batik Arkanza di ShopTokopedia mencatatkan peningkatan penjualan hingga tiga kali lipat dibandingkan saat tidak menggunakan live streaming.

Baca Juga: TikTok, Tokopedia dan ShopTokopedia Rekap Perjalanan Bisnis 2024

Tokopedia dan ShopTokopedia terus berkomitmen mendukung pelaku UMKM melalui berbagai program, termasuk inisiatif "Beli Lokal."

Program ini bertujuan membantu produk UMKM menjangkau lebih banyak konsumen. Berdasarkan riset Tempo Data Science, penjualan produk UMKM melalui program ini meningkat hingga 70%.

Kolaborasi dengan pemerintah juga dilakukan untuk memberdayakan sektor UMKM seperti petani kopi, pengrajin batik, dan pedagang pasar tradisional melalui program seperti Satu Dalam Kopi, Melokal Dengan Batik, dan Pasar Berdaya Digital.

Tokopedia dan ShopTokopedia mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnis mereka.

Melalui pelatihan seperti Creators Lab dan Youth Affiliate Program, UMKM diajarkan cara memaksimalkan konten video promosi di TikTok.

Baca Juga: TikTok, Tokopedia, dan ShopTokopedia Perkuat Kolaborasi Dorong Ekonomi Digital

Pada tahun 2024, program Creators Lab melatih ratusan kreator dari berbagai latar belakang, termasuk komunitas difabel. Program ini berhasil meningkatkan transaksi penjual di Pasar Tanah Abang hingga 9,5 kali lipat. Sementara itu, Youth Affiliate Program mencatat kenaikan 45% dalam jumlah UMKM yang terhubung dengan kreator pada November 2024.

Tokopedia dan ShopTokopedia terus memperkokoh perannya dalam mendukung ekonomi digital Indonesia dengan memberdayakan pelaku usaha dan kreator.

"Kami akan terus berinovasi dan bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendukung pertumbuhan pelaku usaha, kreator, dan ekonomi digital Indonesia secara keseluruhan," tambah Aditia.

Melalui penerapan teknologi baru, khususnya dalam video promosi dan live streaming, Tokopedia dan ShopTokopedia semakin memperkuat posisinya sebagai platform utama yang mendukung pertumbuhan UMKM di era digital.

Selanjutnya: Apple Sampaikan Proposal Investasi di Tanah Air, Ini Permintaan Kemenperin

Menarik Dibaca: Ada Hujan di Malam Tahun Baru? Simak Ramalan Cuaca Besok (31/12) di Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×