kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.425.000   10.000   0,41%
  • USD/IDR 16.656   -29,00   -0,17%
  • IDX 8.607   57,76   0,68%
  • KOMPAS100 1.190   8,45   0,72%
  • LQ45 856   4,38   0,52%
  • ISSI 305   1,65   0,54%
  • IDX30 440   1,34   0,31%
  • IDXHIDIV20 510   3,55   0,70%
  • IDX80 133   0,71   0,54%
  • IDXV30 139   1,05   0,76%
  • IDXQ30 140   0,77   0,55%

Tokopedia & TikTok Shop Melatih UMKM Bikin Konten Lewat Creators Lab


Selasa, 02 Desember 2025 / 09:41 WIB
Tokopedia & TikTok Shop Melatih UMKM Bikin Konten Lewat Creators Lab
ILUSTRASI. Tokopedia & Tiktok Shop menggelar Creators Lab


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia menggandeng Pemkab Banjarnegara untuk mendukung program Juragan UMKM Kementerian UMKM melalui pelatihan Creators Lab. 

Pelatihan yang digelar pada 29 november tersebut membekali 200 UMKM dengan keterampilan membuat konten video, short video dan livestreaming, untuk mempercepat penjualan dan meningkatkan partisipasi dalam ekonomi digital.

Nilai ekonomi digital Indonesia mencapai Rp 1.497 triliun pada 2024 dan ditargetkan menembus Rp 6.654 triliun pada 2030. Namun, baru 24,9% dari 64,2 juta UMKM yang terhubung digital, menunjukkan peluang besar bagi peningkatan adopsi platform online.

Senior Director Tokopedia dan TikTok E-commerce Indonesia, Vonny Ernita Susamto, mengatakan kolaborasi dengan pemerintah menjadi strategi memperluas adopsi digital di kalangan UMKM daerah. 

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia Dorong Pertumbuhan Merata lewat Promo Guncang

“Lewat Creators Lab, kami membekali UMKM keterampilan membuat konten video—baik short video maupun livestreaming—agar bisnis mereka tumbuh lebih cepat,” ujar Vanny dalam keterangannya, Selasa (2/12/2025). 

Ia mencatat, transaksi sejumlah penjual di Tokopedia dan TikTok Shop melonjak 30 kali melalui livestreaming dan 31 kali lewat short video.

SementaraAsisten Deputi Pemasaran dan Digitalisasi Kementerian UMKM, Ari Hanindya Hartika, menilai pelatihan ini memperkuat kontribusi UMKM yang selama ini menyumbang 61,9% PDB dan menyerap 97% tenaga kerja.

Bupati Banjarnegara, Amalia Desiana, menyebut pelatihan ini penting bagi UMKM lokal yang kuat di sektor agrikultur, kuliner, dan kerajinan, namun belum optimal memanfaatkan promosi digital. Tokopedia dan TikTok Shop juga menyalurkan donasi pengguna melalui Rumah Zakat untuk korban longsor di Kecamatan Pandanarum.

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop Bidik UMKM Batik Agar Melek Kekayaan Intelektual

Minat terhadap Creators Lab terus meningkat. Pada kuartal III 2025, jumlah peserta tumbuh tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Sejak diluncurkan, program ini telah memberdayakan hampir 3.000 peserta dari berbagai latar belakang, lengkap dengan materi praktik konten video dan strategi afiliasi.

Pearly Nurhasnah, pemilik Lumina Pearl Gallery, mencatat kenaikan penjualan hingga 200–350% setelah memanfaatkan konten video. Peserta juga mendapat edukasi kekayaan intelektual (KI) agar dapat berjualan lebih aman dan profesional.

Selanjutnya: Harga Minyak Naik di Tengah Risiko Geopolitik Terhadap Pasokan

Menarik Dibaca: Naik Lagi, Simak Harga Emas Antam Hari Ini Selasa 2 Desember 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Video Terkait



TERBARU

[X]
×