Reporter: Nadia Citra Surya, Femi Adi Soempeno |
JAKARTA. Ganti merek, rupanya, memang tidak segampang ganti pakaian. Lihat saja usaha fastfood anyar asal Indonesia ToniJack's yang merupakan jelmaan bekas 13 gerai McDonald's. Penjual makanan cepat saji ini sudah mulai menutup satu gerainya yang ada di pusat perbelanjaan Arion, Jakarta Timur.
Pengumuman yang tertempel di pintu gerai tersebut hanya menyebutkan bahwa restoran berhenti beroperasi hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. "Gerai ToniJack's di sini memang tak terlalu ramai," bisik sumber KONTAN di Arion.
Tetapi, Juru Bicara ToniJack's Indonesia Tetty Hutapea menyatakan, lokasi TonyJack's di Arion ditutup lantaran terlalu berdekatan dengan gerai ToniJack's di Drive-Thru Kelapa Gading.
Selain itu, awalnya, sempat ada kerusakan pada salah satu mesin produksi utama yang berada di ToniJack's Arion. "Daripada kami paksakan, nanti malah kualitas makanan tidak terjaga," jelas Tetty, Senin (25/1). Toh, soal penjualan di Arion, Tetty mengaku tak ada masalah. "Pemasukan dari penjualan, sejauh ini sesuai dengan harapan" ujarnya tanpa bersedia merinci lebih jauh.
Namun, saat ini, santer terdengar kabar bahwa nasib malang gerai ToniJack's di Arion bukanlah yang pertama dan terakhir. Menurut sumber KONTAN, akan ada sejumlah gerai TonyJack's lain yang bakal berhenti beroperasi menyusul gerai Arion.
Tapi, Tetty kembali meyakinkan bahwa hingga kini tetap ada 12 gerai ToniJack's yang meracik ayam goreng dan hamburger. Bahkan, ia bilang, gerai yang menunya masih sangat mirip dengan McDonald's ini juga berencana untuk membuka sebanyak lima gerai di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan beberapa kota di Jawa Tengah.
Sementara itu, sembari menata manajemen, Tetty mengaku tengah berupaya mengubah imaji Tonyjack's. Terlebih, gerai TonyJack's di Sarinah, Jakarta Pusat, yang merupakan bekas gerai pertama McDonald's di Indonesia. "Kami memang harus mematangkan beberapa konsep sebelum mengambil langkah lebih jauh," katanya.
Rencana perombakan konsep bisnis itu bakal dijalankan dalam waktu dekat dan bertahap. "Kami buat konsep yang lebih atraktif dan menyasar semua segmen umur," ujar Presiden Direktur ToniJack's Didit Permana.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News