kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Trafik Komunikasi Akan Melonjak 50%


Selasa, 15 September 2009 / 06:46 WIB
Trafik Komunikasi Akan Melonjak 50%


Sumber: KONTAN | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) memperkirakan, trafik komunikasi pada Idul Fitri tahun ini bakal meningkat lebih dari 50% dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Dalam menyusun prediksi ini, selain melihat data pertumbuhan pengguna telepon seluler, Depkominfo juga mengacu pada pola peningkatan trafik komunikasi pada Lebaran 2007 dan 2008.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S. Dewa Broto menjelaskan, penyumbang terbesar lonjakan trafik komunikasi Lebaran tahun ini kemungkinan adalah PT Telkomsel, PT Indosat, dan PT Exelcomindo Pratama. Kenaikan trafik ketiga operator terbesar di Indonesia ini rata-rata mencapai 50%.

Komunikasi voice pelanggan Telkomsel, kata Gatot, diperkirakan akan mencapai 1,3 miliar-1,5 miliar per menit. Sedangkan komunikasi lewat SMS diprediksi mencapai 750 juta SMS per menit.

Adapun untuk Indosat, trafik komunikasi voice pada Lebaran 2009 diperkirakan akan mencapai 300 juta per menit, komunikasi lewat SMS mencapai 383 juta SMS per menit. Sementara pelanggan XL akan memadati trafik komunikasi voice sebanyak 1,1 miliar per menit, dan layanan SMS diperkirakan sebanyak 150 juta SMS per menit.

Untuk memastikan layanan seluler tetap baik selama Lebaran, sekaligus sebagai evaluasi atas kualitas layanan seluler, Depkominfo akan memberangkatkan timnya ke lapangan. "Beberapa mobil operasional yang dilengkapi alat dan perangkat pengukuran kualitas layanan telekomunikasi akan berangkat menuju beberapa titik," ujar Gatot.

Dalam tinjauan tersebut, tim lapangan Depkominfo akan mengukur beberapa parameter. Yakni, ketersediaan jaringan, endpoint service, dan ketersediaan layanan, baik on net maupun off net. Tim ini juga akan mengukur kinerja layanan pesan singkat untuk mengetahui persentase kemungkinan terjadinya dropped call dan blocked call.

Direktur Umum Penjualan XL Handono Warih mengungkapkan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dengan memaksimalkan kapasitas voice maupun SMS demi antisipasi padatnya lalu lintas komunikasi saat Lebaran.

Khusus untuk pengguna BlackBerry XL, kata Handono, XL telah mendapat penambahan kapasitas dari Research In Motion (RIM) hingga empat kali lipat dibanding biasanya. "Sebagai antisipasi trafik jaringan BlackBerry saat Lebaran, mulai September ini kami telah meng-upgrade menjadi 110 MB," ujar Handono.

Dia menambahkan, tak hanya untuk Lebaran, penambahan kapasitas XL tersebut akan digunakan selamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×