kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45767,97   -12,34   -1.58%
  • EMAS1.024.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.70%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Traveloka meluncurkan kampanye Traveloka Clean Partners menggandeng lebih 2000 mitra


Kamis, 13 Agustus 2020 / 22:54 WIB
Traveloka meluncurkan kampanye Traveloka Clean Partners menggandeng lebih 2000 mitra
ILUSTRASI. Para pembicara dalam acara peluncuran Traveloka Clean Partners di Zoom pada 13 Agustus 2020.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung Protokol CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment ) dan berkontribusi terhadap percepatan pemulihan sektorperjalanan dan pariwisata di Indonesia, Traveloka , perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, meluncurkan Kampanye Traveloka Clean Partners.

Disematkan untuk produk dan layanan Traveloka, mulai dari Transportasi, Hotel, Xperience, hingga Eats, Kampanye Traveloka Clean Partners memiliki portofolio end-to-end yang lengkap dan komprehensif, memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin melakukan aktivitas perjalanan dan gaya hidup di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan rasa aman dan nyaman.


Kampanye Traveloka Clean Partners telah hadir secara bertahap sejak Juni 2020 di lebih dari 240 kota di tanah air dan hingga kini telah menggandeng lebih dari 2.000 mitra yang telah berkomitmen untuk memenuhi standar protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang sesuai dengan ketetapan pemerintah dan institusi terkait.

Turut hadir dalam sesi peluncuran Traveloka Clean Partners, Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menyampaikan, “Kami mengapresiasi komitmen dan dukungan dari para pelaku industri, termasuk Traveloka, yang senantiasa mendukung kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Di fase transisi ini, dibutuhkan kerja sama berbagai pihak untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang tidak hanya mendorong pemulihan industri, namun juga untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tanah air.”

Pada masa transisi PSBB di periode Juni, data internal Traveloka menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan dan aktivitas di luar rumah meningkat sebanyak 16%, dari sebelumnya 29% menjadi 45%. Sejak Kampanye Traveloka Clean Partners mulai tersedia pada platform Traveloka, terdapat pula peningkatan pencarian produk dan layanan Traveloka dengan label “Traveloka Clean” sebesar lebih dari 300%.

Secara keseluruhan, Traveloka juga mencatat peningkatan pemesanan hingga lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelum inisiatif ini berlangsung untuk produk-produk yang telah lebih dulu disematkan label “Traveloka Clean”, yaitu Hotel, Transportasi (Antar Jemput Bandara dan Rental Mobil), dan Xperience.

Christian Suwarna, CMO Traveloka & CEO Traveloka Experience, mengungkapkan bahwa sebagai perusahaan teknologi, Traveloka terus mengamati perilaku konsumen yang terus berubah seiring perkembangan situasi terkini serta situasi yang dihadapi para mitra sebagai landasan untuk menghadirkan produk yang inovatif dan menjawab kebutuhan pasar.

“Kampanye Traveloka Clean Partners merupakan salah satu manifestasi Traveloka dalam memberikan kemudahan bagi konsumen sambil pada saat yang bersamaan mendukung program pemerintah, dalam hal ini penerapan Protokol CHSE. Dengan semangat kebersamaan, kami berharap Kampanye Traveloka Clean Partners ini dapat membantu ribuan mitra yang tergabung untuk dapat terus menjalankan roda operasional bisnisnya di tengah situasi sulit ini,” ujar Christian.

Traveloka CleanTrip dan CleanFlight

Traveloka CleanTrip dan CleanFlight telah tersedia sejak Juli 2020 dengan menggandeng 80 mitra yang telah berkomitmen untuk menerapkan standar protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang tinggi. Melalui penggunaan label CleanTrip dan CleanFlight, pengguna dapat dengan mudah mengidentifikasi transportasi darat dan udara yang telah memenuhi protokol tersebut.

Traveloka CleanTrip meliputi layanan Antar Jemput Bandara, Rental Mobil, Bus, dan Travel dengan beberapa protokol yang diterapkan seperti melakukan desinfeksi kendaraan sebelum perjalanan, penggunaan masker, dan pembatasan jumlah penumpang. Untuk perlindungan ekstra, Traveloka juga menghadirkan Traveloka CleanTrip Plus yang memungkinkan pengguna mendapatkan layanan keamanan tambahan seperti penyediaan car shield , antiseptic wipes , dan berbagai peralatan kebersihan lainnya.

Sementara itu, label Traveloka CleanFlight diperuntukkan bagi maskapai yang telah menerapkan desinfeksi kabin dan pembersihan mendalam hingga pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan, termasuk pernyataan kesehatan yang dilakukan saat check-in di bandara.

Traveloka CleanStay

Dengan lebih dari 700 mitra hotel, villa, apartemen, dan resort di lebih dari 90 kota di Indonesia yang berkomitmen untuk turut serta, Traveloka CleanStay merupakan indikator bagi mitra yang telah menerapkan 28 poin pemenuhan standar kebersihan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Beberapa standar yang diterapkan seperti mewajibkan pegawai yang bertugas untuk mengenakan masker, menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari tamu dan pekerja lain, serta menyediakan alat sanitasi seperti sabun cuci tangan dan hand sanitizer di lokasi-lokasi yang kerap diakses publik. Telah aktif sejak Juni lalu, inisiatif ini turut didukung dengan fitur foto serta video penerapan protocol kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang dilakukan oleh mitra pada laman detail produk terkait.

CleanXperience

Sejak dibukanya sejumlah lokasi wisata pada akhir Juni lalu, Traveloka mencatat adanya 8 kali peningkatan pemesanan pada produk-produk Traveloka Xperience. Berangkat dari data tersebut dan guna menghadirkan solusi kebutuhan end-to-end bagi para pengguna yang mulai kembali melakukan aktivitas di luar rumah, Traveloka melengkapi rangkaian layanannya dengan menghadirkan CleanXperience, yang telah diikuti oleh lebih dari 1.000 mitra di 12 industri, diantaranya atraksi, kebun binatang, taman wisata, salon, spa dan kecantikan, olahraga, tur lokal, dan hiburan lainnya di 64 kota di Indonesia.

Mulai pada Agustus 2020, para pengguna  Traveloka dapat mengidentifikasi mitra CleanXperience yang telah berkomitmen untuk menerapkan standar protokol di era Normal Baru, seperti pembatasan sosial atau physical distancing, petugas yang memakai  peralatan pelindung, pengecekan suhu tubuh pegawai dan pengunjung, serta beragam penerapan protokol lainnya.

Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong laju percepatan pemulihan wisata lokal di Indonesia dan menjadi stimulus bagi para mitra Traveloka untuk kembali mendapatkan transaksi setelah mengalami pengurangan hingga tidak ada pemasukan sama sekali sejak pandemi COVID-19 merebak.

Traveloka CleanDining

Bersama lebih dari 150 mitra restoran, Traveloka Eats menyajikan pengalaman kuliner yang aman dan nyaman di tengah fase adaptasi kebiasaan baru. Mulai Agustus 2020, pengguna dapat dengan mudah memilih mitra restoran dengan label Traveloka CleanDining yang tersedia pada aplikasi Traveloka versi 3.24 untuk menikmati kuliner di restoran yang telah memenuhi standar kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang direkomendasikan dan ditetapkan oleh berbagai institusi, termasuk pemerintah serta PHRI.

Protokol yang diterapkan diantaranya yaitu penggunaan perlengkapan pelindung diri dalam setiap interaksi, baik antar staf maupun dengan pengunjung, serta penggunaan alat pengukur suhu nirkontak untuk memantau secara rutin kondisi kesehatan pihak-pihak yang berada di dalam area restoran. Selain itu, pengguna dapat menikmati fitur OrderNow untuk mengakses menu secara online dan memesan makanan langsung melalui aplikasi serta memilih Cashless Payment guna mengurangi kontak fisik di dalam restoran.

“Kami ingin berterima kasih kepada Kemenparekraf RI atas kerja sama dan dukungan yang diberikan kepada Traveloka untuk dapat berkontribusi terhadap pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air. Kami juga ingin mengimbau mitra-mitra kami lainnya untuk turut berpartisipasi aktif dan berkomitmen dalam menerapkan Protokol CHSE yang ketat dengan berkolaborasi bersama dalam Kampanye Traveloka Clean Partners. Harapan kami yaitu agar kita dapat bersama-sama memutus penyebaran COVID-19 sambil kembali menggenjot perekonomian di sektor ini,” tutup Christian.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×