kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tumbuh double digit hingga September, Mark Dynamics (MARK) optimistis lampaui target


Selasa, 27 Oktober 2020 / 13:26 WIB
Tumbuh double digit hingga September, Mark Dynamics (MARK) optimistis lampaui target
ILUSTRASI. Penjualan MARK tumbuh 29% yoy menjadi Rp 344,47 miliar di sembilan bulan pertama tahun ini.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mark Dynamics Tbk (MARK) optimistis bisa melampaui target kinerja tahun ini. Emiten cetakan sarung tangan tersebut memproyeksi akan mampu mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 507,71 miliar serta laba bersih sebesar Rp 137,54 miliar.

Catatan saja, mulanya MARK membidik pertumbuhan penjualan sebesar 15%-20% secara tahunan atau year-on-year (yoy) atau setara dengan kurang lebih Rp 415,77 miliar-Rp 433,85 miliar pada tahun ini. MARK menargetkan laba bersih naik 20% yoy atau setara dengan sekitar Rp 105,60 miliar.

Presiden Direktur Mark Dynamics Ridwan Goh mengatakan, optimisme ini berdasarkan realisasi kinerja positif perusahaan di sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini. Dikutip dalam laporan keuangan perusahaan, penjualan MARK tumbuh 29% yoy menjadi Rp 344,47 miliar di sembilan bulan pertama tahun ini. Sebelumnya, penjualan MARK hanya mencapai Rp 267,21 miliar pada periode sama tahun lalu.

Pertumbuhan double digit pada sisi penjualan turut mengerek laba bersih perusahaan. Tercatat, laba bersih perusahaan melesat 37,37% yoy dari semula Rp 65,50 miliar pada Januari-September 2019 menjadi Rp 89,98 miliar pada Januari-September 2020.

Baca Juga: Di tengah kesibukannya, Presdir MARK selalu memerhatikan protokol pencegahan corona

Menurut Ridwan, pertumbuhan penjualan produk cetakan sarung tangan pada sembilan bulan pertama tidak terlepas dari kebutuhan sarung tangan global yang meningkat di tengah situasi pandemi corona (covid-19). Mengutip proyeksi Malaysian Rubber Glove Manufacturers Association (MARGMA), Ridwan menuturkan bahwa permintaan sarung tangan di tingkat global diperkirakan tumbuh 30% pada tahun ini.

Kenaikan pertumbuhan sarung tangan global didorong oleh kenaikan permintaan sarung tangan global di beberapa wilayah. Di India misalnya, kebutuhan sarung tangan tahunan di negara dengan populasi penduduk 1,2 miliar tersebut telah meningkat dari semula 4 pcs per kapita menjadi 30 pcs per kapita pada tahun ini. 

Kenaikan permintaan sarung tangan juga dijumpai pada negara-negara lain seperti China, Bangladesh dan negara-negara lainnya, termasuk Indonesia juga meningkat. Walhasil, permintaan produk cetakan sarung tangan juga ikut membeludak sehingga penjualan produk cetakan sarung tangan perusahaan terdongkrak.

Selain didorong oleh kenaikan pertumbuhan laba bersih perusahaan, pertumbuhan pada sisi laba bersih didorong oleh strategi produksi dan efisiensi MARK. “Pertumbuhan laba bersih didukung oleh strategi Mark Dynamics, yaitu dengan memaksimumkan kapasitas mesin di pabrik baru, mengoptimalkan produktivitas pekerja, serta meningkatkan efisiensi biaya produksi,” terang Ridwan kepada Kontan.co.id, Senin (26/10).

Baca Juga: Pabrik Baru Belum Dibangun, PT Mark Dynamics Tbk Sudah Mengantongi Kontrak Penjualan




TERBARU

[X]
×