kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TVS bakal produksi kendaraan listrik di 2017


Jumat, 23 Desember 2016 / 17:49 WIB
TVS bakal produksi kendaraan listrik di 2017


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Pabrikan PT TVS Motor Company Indonesia berencana memproduksi kendaraan listrik penumpang beroda tiga di akhir 2017. Kendaraan listrik roda tiga pertama di Indonesia tersebut nantinya akan fokus didistribusikan di daerah wisata. 

V Thiyagarajan, Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia mengatakan, prototipenya sudah ada di India. "Sekarang kami sedang uji pasar dan mengumpulkan feedback-nya. Jadi kemungkinan akhir tahun depan mulai produksi," ujar Thiyagarajan usai kunjungan di Kementerian Perindustrian, Jumat (23/12).

Sebenarnya, TVS sudah memproduksi kendaraan penumpang roda tiga di Indonesia. Hanya saja bahan bakar yang digunakan masih gas elpiji, CNG, dan bensin. "Kami sudah produksi 100 unit per bulan sejak Juni 2016," kata Thiyagarajan.

Penjualan kendaraan penumpang roda tiga TVS tersebut saat ini tidak dilakukan di Jakarta. "Kami distribusikan ke luar Jakarta seperti Bekasi, Bengkulu, dan Yogyakarta," ujar Thiyagarajan.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, tadi manajemen TVS minta dukungan untuk meluncurkan motor listrik roda tiga tidak pakai kap. "Pak Menteri mengusulkan supaya itu ditawarkan di kawasan-kawasan wisata," ujar Putu.

Meski infrastruktur pengisian daya untuk mobil listrik belum ada, namun kendaraan tersebut masih bisa mengisi daya listrik cukup dengan mencolok di stop kontak di rumah. "Bisa colok sendiri ke listrik rumah. Nanti motornya dilengkapi semacam adaptor," ujar Putu.

Sebelum diproduksi di akhir tahun, prototipe motor roda tiga tersebut akan dibawa ke Indonesia pada Februari 2017. Setelah memproduksi kendaraan roda tiga untuk penumpang, Thiyagarajan mengatakan, nantinya TVS juga akan memproduksi kendaraan roda tiga untuk kargo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×