kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UD Trucks Optimistis dengan Prospek Kendaraan Komersial Berstandar Euro 4


Rabu, 09 Maret 2022 / 15:09 WIB
UD Trucks Optimistis dengan Prospek Kendaraan Komersial Berstandar Euro 4


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. UD Trucks Indonesia terus mempersiapkan diri menjelang penerapan aturan kewajiban penggunaan bahan bakar standar Euro 4 pada kendaraan diesel mulai April 2022.

Marketing and Business Development Head PT UD Astra Motor Indonesia Christine Arifin mengatakan, aturan terkait kewajiban penggunaan standar Euro4 akan berlaku pada bulan depan. Bersamaan dengan itu, pihaknya akan meluncurkan produk mobil baru yang menggunakan Euro 4.

Persiapan pun terus dilakukan oleh UD Trucks, termasuk pada aspek penyediaan suku cadang dan layanan after sales yang sesuai dengan standar Euro 4. UD Trucks juga sudah jauh-jauh hari melakukan pelatihan kepada para mekanik serta tim pendukung lainnya agar siap melayani kebutuhan konsumen yang memiliki mobil dengan standar Euro 4.

Baca Juga: Keseriusan Pemerintah Terkait Penerapan Euro 4 Dipertanyakan

Christine juga mengaku, implementasi Euro 4 membutuhkan teknologi tambahan yang menjamin berkurangnya emisi gas buang. Alhasil, UD Trucks mesti mengucurkan investasi untuk mengakomodasi kebutuhan teknologi tersebut, sehingga ada potensi penyesuaian harga jual produk mobil diesel berstandar Euro 4 di pasar.

“Kami masih terus menganalisis dan memonitor kondisi pasar untuk dapat memberikan yang terbaik bagi para pelanggan, termasuk dalam hal penetapan harga produk,” ungkap dia, Selasa (8/3).

Secara umum, mobil diesel standar Euro 4 memiliki prospek penjualan yang bergantung pada kondisi ekonomi dan bisnis nasional. Terlepas dari itu, keberadaan kendaraan standar Euro 4 akan membuat Indonesia sejajar dengan negara lain yang telah memiliki produk serupa.

Baca Juga: Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Luncurkan Kendaran Bersatandar Euro4

UD Trucks sebagai pemain global tentu diuntungkan karena mampu mengaplikasikan teknologi Euro 4 yang telah terbukti di negara lain ke Indonesia dengan biaya investasi yang lebih terjangkau. “Ke depannya, kami merasa sangat optimistis dengan persaingan yang lebih kompetitif di segmen kendaraan komersial,” tandas dia.

Asal tahu saja, UD Trucks memiliki dua jenis lini produk truk yang dijual di Indonesia, yaitu Quester dan Kuzer.

Sekadar catatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menerbitkan Peraturan Menteri LHK RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4. Sebenarnya, standar Euro 4 direncanakan diterapkan pada April 2021. Namun, akibat dampak pandemi Covid-19, kebijakan ini baru berlaku pada 7 April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×