kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

Unilever Raih Gold Winner di Ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023


Senin, 07 Agustus 2023 / 20:06 WIB
Unilever Raih Gold Winner di Ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023
ILUSTRASI. Kinerja Penjualan: Suasana kantor pusat PT. Unilever Indonesia Tbk (UNVR) di Tangerang Selatan, Kamis (28/7/2022).


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komitmen dan kontribusi nyata PT Unilever Indonesia, Tbk (UNVR) menerapkan prinsip kesetaraan gender dan keberpihakan pada kaum disabilitas, mendapatkan apresiasi pada ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023 dengan meraih Gold Winner untuk dua sub-kategori sekaligus, yaitu: Kesetaraan Gender dan Keberpihakan Pada Penyandang Disabilitas.

Unilever Indonesia oleh dewan juri, dinilai telah berperan nyata dalam mengomunikasikan praktik terbaik penerapan Diversity, Equality, and Inclusion (DEI) – baik di ruang lingkup internal maupun eksternal organisasi.

Kristy Nelwan, Head of Communication sekaligus Chair of Equity, Diversity & Inclusion (ED&I) Board Unilever Indonesia menyampaikan, komitmen dan penerapan keberpihakan tersebut, sejalan dengan salah satu pilar strategi ‘The Unilever Compass’, dimana Unilever Indonesia akan terus menjalankan peran untuk turut menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.  

Baca Juga: Unilever Indonesia (UNVR) Hadapi Persaingan Ketat, Cek Rekomendasi Analis

"Ada Equity, Diversity & Inclusion Board di Unilever Indonesia secara khusus dibentuk untuk mendorong dan mengimplementasikan berbagai program yang berfokus pada keadilan bagi perempuan dan penyandang disabilitas, sekaligus menghapuskan segala bentuk diskriminasi maupun stigma di lingkungan organisasi maupun masyarakat,” ucap Kristy, dalam Siaran Pers, Senin  (7/8).

Disampaikan Kristy, dengan penghargaan IDEAS 2023 ini, komunikasi mengenai program dan kampanye DEI Unilever pada 2022 dan 2023 – khususnya dalam hal kesetaraan gender dan keberpihakan pada penyandang disabilitas – dinilai mampu membawa perubahan nyata.

Penghargaan ini menjadi dorongan bagi Unilever untuk terus berkontribusi pada upaya kolektif mendorong masyarakat yang adil, toleran, dan inklusif.  

Ditegaskan Kristy, bagi Unilever Indonesia, memperjuangkan kesetaraan (equality) belum cukup. Keadilan (equity) menjadi upaya yang lebih tepat karena memberikan kesempatan yang sama, perlakuan adil, dan support yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan unik dari setiap individu dalam menunjukkan potensi dan kiprahnya.

Secara internal perusahaan, berbagai upaya dilakukan dengan mengadvokasi lingkungan kerja yang mempromosikan budaya keragaman dan inklusi, serta mendorong potensi karyawan tanpa memandang jenis kelamin.

Secara terstruktur, Perusahaan mendorong terciptanya gender balanced organization, juga menerapkan dan mengkomunikasikan kode etik Respect, Dignity & Fair Treatment (RDFT) di semua tingkatan untuk melindungi hak karyawan, termasuk perempuan, dalam mendapatkan perlakuan yang adil dan setara.

Baca Juga: Bidik Pertumbuhan Kinerja 6% di 2023, Unilever Indonesia (UNVR) Beberkan Strategi

"Penting juga bagi kami untuk terus mendorong perkembangan karir perempuan di bidang pekerjaan yang umumnya didominasi oleh laki-laki," ucapnya.

Adapun secara eksternal, Unilever Indonesia terus berupaya mengkomunikasikan seluruh inisiatif keadilan gender yang dilakukan secara korporat, utamanya dari perspektif para leader perempuan di Unilever Indonesia.

Salah satunya melalui kepemimpinan Ira Noviarti, Presiden Direktur Unilever Indonesia, selaku Chair dari Women in Business Action Council (WiBAC) di kepresidenan B20 Indonesia tahun 2022 lalu.

Selain itu, perusahaan juga gencar mensosialisasikan berbagai program baik di tataran korporat maupun brand terkait pemberdayaan dan pendampingan bagi komunitas perempuan.

Misalnya melalui program GAL (Bintang Beasiswa), Royco (Nutrimenu), kampanye Sunsilk (#TakTerhentikan dan Kilaukan Mimpimu) serta program-program dibawah kegiatan Every U Does Good Heroes.

"Unilever Indonesia percaya bahwa semua orang, apapun latar belakang dan kondisi fisiknya, berhak mendapatkan kesempatan dan dukungan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing," ucap Kristy.  

Baca Juga: Unilever Indonesia (UNVR) Serap Capex 1,5% dari Penjualan di Semester I/2023

Untuk itu, secara internal Perusahaan menggencarkan sejumlah inisiatif, antara lain mengkomunikasikan kode etik Respect, Dignity & Fair Treatment (RDFT) beserta kebijakan dan praktik manajemen SDM yang bebas dari stigma dan diskriminasi, termasuk terhadap penyandang disabilitas – mulai dari rekrutmen, kesempatan menjajaki jenjang karir, hingga kompensasi; dan menyebarluaskan budaya dan lingkungan kerja yang ramah disabilitas, dari segi fasilitas maupun kesiapan karyawan untuk berkolaborasi dengan teman penyandang disabilitas.

Contohnya, Perusahaan bekerja sama dengan komunitas Feminis Themis menyelenggarakan Kelas Bahasa Isyarat yang diikuti oleh karyawan di kantor pusat Unilever Indonesia. Terdiri dari 10 sesi, kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan semangat inklusivitas dan mempersiapkan karyawan untuk berkolaborasi dengan teman penyandang tuli.

Begitupun di sisi eksternal, Unilever Indonesia telah mengkomunikasikan seluruh inisiatif/kampanye/program keadilan bagi disabilitas yang telah dilakukan, baik secara korporat maupun brand; dan menyebarluaskan berbagai program bagi komunitas disabilitas dan kegiatan pendampingan untuk membina lebih banyak teman disabilitas agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

“Kami percaya bahwa seluruh upaya dan komunikasi DEI yang kami lakukan akan bermuara pada reputasi Perusahaan yang lebih solid; memungkinkan kami mendapatkan kepercayaan, rasa cinta serta dukungan dari seluruh karyawan, mitra bisnis, maupun konsumen agar kita dapat bersama-sama berkontribusi pada Indonesia yang lebih toleran, adil dan inklusif sesuai dengan peranan masing-masing,” tutup Kristy.

Sebagai tambahan informasi, penghargaan ini dikawal oleh sederetan dewan juri yang sangat berkompeten di bidang DEI dan ESG.

Adapun kriteria penjurian bagi para pemenang IDEAS 2023 adalah sebagai berikut: Mempunyai inisiatif program atau kebijakan dan/atau panduan yang jelas, Memiliki strategi dan taktik komunikasi yang unik, inovatif, kreatif dan berkelanjutan, menjalin kemitraan yang berkelanjutan dengan pihak-pihak lainnya, disertai dengan metode pengukuran umum untuk pelaksanaan program PR/komunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×