kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.901.000   -17.000   -0,89%
  • USD/IDR 16.480   -24,00   -0,15%
  • IDX 7.484   -65,55   -0,87%
  • KOMPAS100 1.049   -9,43   -0,89%
  • LQ45 790   -7,68   -0,96%
  • ISSI 254   -1,44   -0,57%
  • IDX30 409   -4,26   -1,03%
  • IDXHIDIV20 466   -6,75   -1,43%
  • IDX80 119   -1,00   -0,84%
  • IDXV30 122   -1,55   -1,25%
  • IDXQ30 130   -1,12   -0,86%

Unilever (UNVR) Bidik Pertumbuhan Kinerja di Kuartal III-2025


Kamis, 31 Juli 2025 / 13:06 WIB
Unilever (UNVR) Bidik Pertumbuhan Kinerja di Kuartal III-2025
ILUSTRASI. Unilever Indonesia (UNVR) mencatat penjualan bersih sebesar Rp 18,2 triliun, turun 4,4% secara tahunan (yoy) di semester I-2025


Reporter: Rashif Usman | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) telah merilis laporan kinerja keuangan untuk paruh pertama tahun 2025. Meski hasilnya masih lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu, perusahaan menyatakan telah menunjukkan perbaikan yang signifikan bila dibandingkan paruh kedua tahun 2024.

Sepanjang semester I-2025, Unilever Indonesia mencatat penjualan bersih sebesar Rp 18,2 triliun, turun 4,4% secara tahunan (yoy). Namun demikian, angka ini mencerminkan pertumbuhan 13,1% dibandingkan semester II-2024. 

Dari sisi profitabilitas, laba bersih tercatat Rp 2,2 triliun, melemah 12,6% yoy dibandingkan tahun lalu, namun melonjak 139% dari semester sebelumnya.

Dari sisi margin, margin kotor terkoreksi 161 basis poin (bps) secara tahunan, tapi membaik 305 bps dibandingkan semester II-2024. Sementara margin laba sebelum pajak terkoreksi 111 bps secara tahunan, namun meningkat signifikan sebesar 819 bps dibandingkan paruh kedua 2024 menjadi 15,5%.

Baca Juga: Unilever Indonesia (UNVR) Umumkan Buyback Saham Senilai Maksimal Rp 2 Triliun

Unilever juga mencatat kenaikan belanja iklan dan promosi menjadi 8,9% dari total penjualan bersih, sebagai bagian dari upaya memperkuat merek dan meningkatkan keterlibatan konsumen.

Presiden Direktur UNVR, Benjie Yap, menyampaikan  capaian awal ini menjadi fondasi kuat untuk mempertahankan momentum positif dan menempatkan perusahaan dalam posisi yang solid untuk kembali tumbuh mulai kuartal III-2025 dan seterusnya. Ini sejalan dengan proyeksi yang telah ditetapkan.

"Meski kinerja pada semester I-2025 masih di bawah capaian tahun sebelumnya, kami melihat perbaikan bertahap dibandingkan dengan semester II-2024, baik dalam hal pertumbuhan penjualan maupun profitabilitas," kata Benjie dalam keterangan resminya, Kamis (31/7).

Sejumlah merek unggulan yang mencakup 55% dari total portofolio juga menunjukkan pertumbuhan positif, mencerminkan respons konsumen yang semakin baik serta ketahanan portofolio perusahaan.

"Fundamental bisnis kami juga semakin kuat. Inisiatif kami terarah dan langkah tegas yang kami ambil untuk mengatasi tantangan operasional mulai membuahkan hasil nyata," tambah Benjie.

 

Ke depan, Unilever Indonesia akan terus memprioritaskan penguatan merek, peningkatan kapabilitas distribusi Go-To-Market, serta mendorong daya saing biaya yang lebih besar melalui kegiatan operasional yang lebih disiplin serta inisiatif transformasi.

"Dengan berjalannya upaya-upaya ini, kami optimis akan kemampuan kami untuk kembali tumbuh mulai kuartal III-2025," tutup Benjie.

Selanjutnya: Sebulan Harga Emas Antam Cuma Naik 0,26 Persen, Hari Ini Turun Tajam (31 Juli 2025)

Menarik Dibaca: Samsung Z Fold 7 Harga Juli 2025, Intip Berbagai Fitur Premium yang jadi Andalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Video Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak Executive Macro Mastery

[X]
×