kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Video streaming jadi cuan asyik bagi operator


Kamis, 12 Mei 2016 / 10:47 WIB
Video streaming jadi cuan asyik bagi operator

Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Tak bisa dipungkiri, penggunaan data oleh  konsumen telekomunikasi mendongkrak pendapatan operator telekomunikasi. Di antara sejumlah aktivitas di jaringan data, lalu lintas terbesar dari penggunaan ponsel berasal dari layanan video streaming.

Ini pula yang membuat para operator berlomba-lomba menambah konten video streaming,  Secara umum penggunaan layanan data sebagian besar untuk video streaming, diikuti layanan musik, games dan media sosial.

"Di jaringan 4G bahkan penggunaan video streaming mencapai sekitar 65% dari pelanggan," kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communication PT Telekomunikasi Selular kepada KONTAN, Selasa (10/5).

Saat ini, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) saat ini melayani 152 juta pelanggan. Sekitar 34% dari total pendapatan Telkomsel berasal dari bisnis digital, termasuk di dalamnya layanan data. Sisanya berasa dari layanan suara dan SMS.

PT XL Axiata Tbk juga mencatat kinerja senada. Perusahaan ini menemukan kontribusi besar dari video streaming lebih dari 40% trafik XL. "Pendapatan XL dari layanan data 37% dari total pendapatan," terang Tri Wahyuningsih, General Manager Corporate Communication PT XL Axiata Tbk kepada KONTAN, Selasa (10/5). Total pelanggan XL sekarang 42,5 juta dan  pelanggan yang menggunakan layanan 4G sebanyak 5 juta.

Tingginya trafik data pada video streaming juga dirasakan oleh operator Tri. "Tentunya yang paling banyak diakses adalah sosial media. Tapi, yang paling besar volume trafiknya itu video streaming," kata Dany Buldansyah, Wakil Presiden Direktur PT Hutchison 3 Indonesia kepada KONTAN, Selasa (10/5).




TERBARU

Close [X]
×