Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat volume pelanggan kereta api jarak jauh pada Semester I 2023 yaitu 19 juta pelanggan. Jumlah ini naik 53% dibanding Semester I 2022 yakni 12,5 juta pelanggan. Kenaikan ini ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19 dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2023.
“Kinerja angkutan penumpang KAI pada Semester I 2023 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan makin meningkatnya mobilitas dan antusiasme masyarakat terhadap angkutan kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan tertulis, Kamis (20/7).
Pada periode Semester I 2023, terdapat perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tepatnya mulai 1 Juni 2023. Dengan adanya perubahan Gapeka tersebut, waktu perjalanan kereta api semakin singkat dan sebagian kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan.
Contoh KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng - Bandung yang perjalanannya lebih singkat 72 menit, dari sebelumnya 12 jam 15 menit menjadi 11 jam 3 menit.
Baca Juga: Startup Motor Listrik Maka Motors Mendapat Suntikan Dana Rp 563 Miliar
“Ada juga KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng yang perjalanannya lebih singkat 61 menit, dari sebelumnya 11 jam 31 menit menjadi 10 jam 30 menit,” kata Joni.
Mulai 1 Juni 2023 pula, KAI telah menambah 5 KA baru yaitu KA Pandalungan relasi Gambir - Jember pp, KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp, KA Argo Merbabu relasi Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng pp, KA Manahan Gambir - Solo Balapan pp, dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Solo Balapan pp.
Satu catatan penting lainnya pada Semester I 2023 yaitu adanya perubahan syarat menggunakan kereta api. Mulai 12 Juni 2023, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.
Namun begitu, KAI menganjurkan pelanggan melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.
“KAI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan jasa KAI selama Semester I 2023 ini. Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menggunakan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tutup Joni.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News