Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen pipa dan fitting, PT Wahana Duta Jaya Rucika optimistis laju kinerja bisnisnya bisa mengalir lancar. Tahun ini, perusahaan yang dikenal melalui pipa merek Rucika tersebut membidik pertumbuhan volume penjualan dua digit dibanding tahun sebelumnya.
“Tahun ini target kita tumbuh 20% dalam hal volume,” kata Channel Distribution, Category & Sales Development (CCSD) Manager PT. Wahana Duta Jaya Rucika, Sandhy Kurniawan saat ditemui pada acara peresmian kolaborasi Rucika dengan Maezawa Kasei Industries, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Selasa (3/3/2020).
Menurut penjelasan Sandhy, sebelumnya volume tonnase penjualan produk-produk Rucika hampir mendekati 200.000 ton atau setara dengan penjualan bersih senilai Rp 5 triliun di sepanjang tahun 2019 lalu.
Baca Juga: Pasar volatil, Rucika menunda IPO
Dengan asumsi pertumbuhan volume tonnase sebesar 20%, maka volume tonnase penjualan yang dibidik oleh perusahaan tahun ini adalah sebesar 240.000 ton.
Optimisme ini bukannya tanpa alasan. Manajemen meyakini produk pipa dan fitting masih memiliki prospek yang baik di tahun 2020.
Dalam hal ini, pembangunan apartemen, gedung-gedung bertingkat serta sejumlah proyek pemerintah yang masih marak dilakukan diyakini bisa menopang pertumbuhan kinerja penjualan perusahaan.
Tidak ingin melewatkan peluang, manajemen mengatakan telah mengambil ancang-ancang untuk melahap peluang yang ada.
Untuk mengerek penjualan di segmen pasar pemerintahan, perusahaan saat ini tengah membidik beberapa proyek pemerintah seperti misalnya proyek Jakarta Sewerage System (JSS) ataupun proyek-proyek pengelolaan air buangan di beberapa kota lainnya. Mengutip pemberitaan Kontan.co.id (25/02), pembangunan JSS memang dikabarkan akan memasuki tahap pelaksanaan pada tahun ini.
Sementara untuk segmen pasar pengembang swasta dan ritel, strategi yang dilakukan adalah dengan terus menggencarkan edukasi dan komunikasi kepada konsumen melalui penyelenggaraan seminar, dan sebagainya.
Upaya-upaya di atas dibarengi dengan peningkatan performa dari sisi produk dan distribusi. Dari sisi produk, varian produk Rucika yang beragam dan lengkap diyakini bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam dengan adanya sebanyak 300 stock keeping unit (unit) yang dimiliki.
Terlebih, saat ini Rucika baru saja meluncurkan produk baru berupa Rucika Hygienic System yang terdiri atas access fitting dan special fitting serta produk Rucika Rain Water System yang berfungsi mempertahankan dan mengendalikan jalur air buangan.
Produk-produk baru ini dikembangkan melalui kerja sama dengan produsen fitting asal Jepang, Maezawa Kasei Industries.
Baca Juga: Produsen pipa plastik incar proyek pipa gas
Dari sisi distribusi, perusahaan akan terus menggencarkan penjualan produk-produk dengan memaksimalkan kerja sama dengan mitra-mitra usaha yang dimiliki serta memanfaatkan platform penjualan online.
“Kami akan mulai agresif menempatkan orang di lapangan dengan meniru bisnis consumer good yang jaringan toko-tokonya ribuan atau jutaan bahkan di Indonesia, nah kami ingin mengadopsi model seperti itu,” jelas Sandhy.
Untuk diketahui, saat ini penjualan produk-produk Rucika masih didominasi oleh penjualan ke segmen pasar ritel. Berdasarkan penjelasan Sandhy, sepanjang tahun 2019 lalu porsi kontribusi segmen ritel mencapai sekitar 60% dari total penjualan perusahaan.
Sementara itu, sebanyak 40% sisa penjualan diserap oleh segmen pemerintah 20% dan pengembang swasta 20%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News