kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga Bogor bisa bawa sepeda ke Jakarta pakai Damri, gratis....ini jadwalnya


Kamis, 16 Juli 2020 / 17:09 WIB
Warga Bogor bisa bawa sepeda ke Jakarta pakai Damri, gratis....ini jadwalnya
ILUSTRASI. Damri menyediakan bus gratis untuk warga Bogor membawa sepeda ke Jakarta. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kabar gembira bagi warga Bogor yang ingin olahraga sepeda di Jakarta. Kamu bisa membawa sepedamu dengan bus Damri.

Layanan ini gratis lho. Namun, layanan bus Damri yang bisa mengangkut sepeda ini hanya berlaku pada jadwal tertentu dan kuota terbatas.

Baca juga: Naik kereta api dari dan ke Jakarta tak perlu SIKM, syaratnya cuma ini

Perum Damri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) menyediakan bus sehat gratis untuk bantu mengurai kepadatan penumpang di stasiun Bogor. Adapun titik keberangkatan dari Bogor yaitu di Botani Square dengan tujuan Stasiun Juanda dan Dukuh Atas. Layanan ini sudah dimulai dari Senin (13/7/2020) dan akan diadakan kembali Senin depan (20/7/2020).

Komunikasi Korporasi dan Protokol Perum Damri, Harys Kristanto mengatakan, bus gratis ke stasiun di Jakarta ini ramai peminatnya, sehinga akan kembali beroperasi Senin depan. Baca juga: Keluar-Masuk DKI Jakarta Harus Sertakan CLM, Begini Caranya   “Senin Kemarin ramai peminatnya, selain itu juga berhasil mengurai penumpang kereta di Stasiun Bogor,” ucap Harys kepada Kompas.com, Kamis (16/7/2020).

Armada yang beroperasi minggu depan, penumpang bus Damri dapat membawa sepeda lipat hingga ukuran sedang. Jadi Nantinya sepeda akan disimpan di bagasi bus, tentunya hal ini cocok dengan tren saat ini yaitu olahraga bersepeda. “Untuk sepedanya bisa muat sekitar 10 sampai 20 sepeda, tergantung dari ukurannya,” kata Harys.

Layanan ini dapat dinikmati mulai pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB. Durasi keberangkatan antar busnya yaitu 15 menit sampai 30 menit, tergantung keterisian penumpang.

Baca juga: Jokowi juga kepincut sepeda Brompton dari Bandung, ini buktinya

Load faktor pada bus yaitu 70 persen sehingga bisa memuat sekitar 25 penumpang. Damri mengimbau pada seluruh penumpang untuk tetap mematuhi ketentuan perjalanan sesuai dengan mengikuti protokol kesehatan meliputi, memiliki suhu di bawah 37 derajat selsius, menerapkan physical distancing, menggunakan masker selama perjalanan, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan mengindari berbicara saat di dalam bus.

(Muhammad Fathan Radityasani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Damri Sediakan Bus Gratis Bogor-Jakarta, Boleh Bawa Sepeda", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×