kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch gelar kelas literasi digital gratis lawan hoaks


Jumat, 15 Mei 2020 / 10:49 WIB
WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch gelar kelas literasi digital gratis lawan hoaks
ILUSTRASI. Aktivis yang tergabung dalam Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) membentangkan poster yang berisi penolakan penyebaran berita bohong (hoax) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/1). Aksi tersebut digelar untuk memberikan pemahaman kepada masy


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring adanya kebijakan pemerintah terkait physical distancing, penggunaan teknologi digital, seperti internet, gawai, hingga media sosial meningkat. Bahkan media sosial WhatsApp meningkat penggunaannya sampai 40%.

Namun, peningkatan penggunaan teknologi digital tersebut belum selaras dengan peningkatan pemahaman literasi digital, sehingga memunculkan penyebaran hoaks.

Dari sini, WhatsApp menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Indonesia dan ICT Watch serta Relawan TIK Indonesia menggelar pelatihan literasi digital gratis secara online, bertajuk “Fundamental Literasi Digital".

Baca Juga: Penyebaran hoaks dan perampokan meningkat selama pandemi corona

Program ini, rencananya akan bisa diakses di 12 kota termasuk Manado, Ambon, Jayapura, Pasuruan, Padang, Cirebon, Denpasar, Banjarmasin, Mataram, Pekalongan, Mamuju, dan Palembang.

Masyarakat Indonesia bisa menentukan waktunya sendiri untuk mengikuti kelas ini. Kelas ini, terdiri dari paparan para tutor menggunakan format video dan presentasi, serta terdapat ujian interaktif di akhir kelas. Peserta yang telah mengikuti seluruh materi dan lulus ujian akan mendapatkan sertifikat digital yang dirilis bersama oleh ICT Watch dan WhatsApp.

Clair Deevy, Direktur Kebijakan APAC - WhatsApp berkata pihaknya senang bisa bekerjasama dengan ICT Watch dan Kemenkominfo. Menurutnya, literasi digital pemxitng merespon tantangan penyebaran hoaks.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×