kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Wijaya Karya (WIKA) menggelar program Siswa Mengenal Nusantara


Senin, 12 Agustus 2019 / 21:25 WIB

Wijaya Karya (WIKA) menggelar program Siswa Mengenal Nusantara
WIKA selenggarakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang kegiatan pertukaran ke Jawa Tengah dalam rangkaian kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019, para siswa pelajar yang berasal dari SMU/SMK/SLB terpilih dari Sulawesi Utara mendapatkan pembekalan oleh Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara dan BUMN penanggungjawab BHUN di Manado, Selasa (13/8) besok.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (12/8), kegiatan BHUN terselenggara berkat kerjasama BUMN yaitu PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Nindya Karya, PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan Perum DAMRI dan Dinas Pendidikan Sulut.

Kegiatan ini diawali dengan seleksi siswa dan siswi berprestasi di Sulut sejak 1 Agustus 2019 lalu yang mana telah terpilih pelajar yang akan mewakili kabupaten atau kota asalnya.

Baca Juga: Tanggap Bencana, BRI Salurkan Bantuan CSR Peduli Korban Bencana Gempa Halmahera

Jumlah peserta yang terpilih sebanyak 20 pelajar ditambah tiga pelajar difabel dari sekolah luar biasa (SLB). Para pelajar yang terpilih akan menjadi duta Sulawesi Utara dan selama penyelenggaraan kegiatannya akan didampingi oleh guru berprestasi dan perwakilan dari Diknas.

Pada sambutannya pada saat membuka acara, Kepala Dinas Dikda, Dr. Liesje G.L Punuh, M.Kes. menyampaikan apresiasi terhadap dukungan dari Kementerian BUMN maupun BUMN yang terlibat.

Kesempatan dari duta Sulawesi Utara untuk menjalani cross culture di Jawa Tengah diyakini akan memberikan dampak positif bagi para pesertanya.

“Saya berharap, adik-adik yang merupakan siswa dan siswi yang terpilih ini dapat mengambil manfaat dari kegiatan SMN. Pengalaman yang baik yang kalian dapatkan di Jawa Tengah juga harus kalian sebarkan untuk memotivasi semangat belajar teman-temannya dan memupuk kecintaan terhadap nusa dan bangsa," ungkap Dr. Liesje atau yang biasa disapa Grace, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Senin (12/8).

Baca Juga: Pertamina serahkan 2.500 paket makanan siap saji untuk korban banjir di Konawe

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga kini tengah bersiap untuk menyambut kedatangan para pelajar dari Jawa Tengah yang ingin mengenal lebih jauh tentang Sulawesi Utara.

Peserta SMN Jawa Tengah, yang dikirim oleh Angkasa Pura I, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PTPN IX dan PTPN X, akan tiba pada Rabu (14/8) dan memulai aktifitas SMN di bawah Koordinasi WIKA, Nindya, BKI dan Damri.

SMN akan dimulai Kamis (15/8) diawali dengan kegiatan wawasan kebangsaan di Kodim Bolaang Mongondow (Bolmong). Pelajar SMN juga diwajibkan menulis diari atau pengalaman selama mengikuti kegiatan SMN.

Baca Juga: Menteri BUMN bagikan 3.000 paket sembako murah ke warga Surabaya

Siswa dan siswi tersebut nantinya juga berkesempatan berkunjung ke Bunaken di Pulau Nain, serta sejumlah lokasi lain yakni Perpustakaan Daerah Jembatan Soekarno, Rumah Kreatif BUMN, Makan Imam Bonjol, Benteng Moraya, Danau Linau, Casa Baio, Pantai Paal, Pantai Surabaya, Manado Independent School, serta belajar bertani di pertanian bunga dan sayuran di Tomohon.

Peserta juga akan mengikuti kegiatan upacara 17 Agustus bersama dengan BUMN se-Sulut dan masyarakat di Singkil, Ternate Baru, Manado.

Selain itu, peserta akan diajak mengunjungi kantor cabang atau wilayah kerja WIKA, Nindya, BKI dan Damri di Sulut. Acara SMN akan berakhir dan ditutup pada tanggal 20 Agustus mendatang di Hotel Novotel, Manado, dan kembali ke Jawa Tengah keesokan harinya.


Reporter: Amalia Fitri
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×