Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Nilai belanja iklan di semester I tahun ini naik sebesar 25% dibandingkan periode yang sama tahun 2012 lalu. Hasil riset dari Nielsen yang diterima KONTAN, Kamis (1/8) menyebutkan, nilai belanja iklan naik dari Rp 40,9 triliun di semester I 2012 menjadi Rp 51,2 triliun.
Selain dari sisi nilai, Nielsen juga menemukan adanya kenaikan volume iklan sebesar 6% dari total 3,3 juta spot menjadi 3,5 juta spot di televisi, surat kabar, majalah dan tabloid.
Beberapa kategori produk yang memperlihatkan pertumbuhan besar dalam belanja iklan adalah; kopi dan teh tumbuh 136% menjadi Rp 1,6 triliun. Disusul oleh belanja iklan mi instan yang naik 66% menjadi Rp 1 triliun.
Selain itu, belanja iklan pemerintah di semester I tahun ini juga naik 56% menjadi Rp 2,7 triliun. Persentase belanja iklan terbesar ada di televisi yang berjumlah 68% dari total belanja iklan media. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun lalu yang sebesar 64%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News