kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WSBP bakal tingkatkan kapasitas pabrik Gasing


Kamis, 07 September 2017 / 21:30 WIB
WSBP bakal tingkatkan kapasitas pabrik Gasing


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) akan melanjutkan pengembangan pada pabrik perusahaan yang berlokasi di Gasing, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Tahun depan, kapasitas pabrik ini akan ditingkatkan menjadi 450.000 ton per tahun.

Sementara saat ini, pabrik yang mulai beroperasi pada tahun 2016 sudah memiliki kapasitas produksi 250.000 ton per tahun dengan menproduksi tiga jenisproduk dengan proses sentrifugal (putar) yakni girder, squarepile dan fullslab.

Peningkatkan kapasitas dilakukan lantaran lahan pabrik Gasing sangat luas yakni mencapai 24 hektare (ha) dan dekat dengan dermaga anak Sungai Musi sehingga memudahkan pendistristribusian beton pracetak ke wilayah Kalimantan dan Jawa.

Manager Plant Gasing WSBP, Bernadus Kusuma Danu mengatakan, total lahan yang bisa dikembangkan menjadi area produksi di pabrik Gasing mencapai 18,5 ha. Sedangkan saat ini, perusahaan sedang melakukan pengembangan di atas lahan 6 ha untuk mencapai target kapasitas produksi 450.000 ton per tahun.

"Ini merupakan pabrik terbesar kami di Sumatera. Ini sedang pembangunan dan ditargetkan bisa rampung akhir tahun sehingga mulai tahun depan kapasitasnya sudah naik," kata Danu di Palembang, Kamis (7/9).

Saat ini, produk-produk pabrik Gasing didistribusikan ke wilayah Sumatera Selatan yaitu Palembang, Kayu Agung, Mesuji, dan Banyuasin.

Adapum proyek yang sedang dikerjakan pabrik WSBP Gasing adalah jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang-Betung dan Pematang Panggang-Kayu Agung. Sementara sebelumnya pabrik ini sudah mensupport pembangunan LRT dan memasok square pile untuk rumah sakit Hermina.

Danu mengatakan, sejak beroperasi hingga saat ini, Pabrik Gasing telah memproduksi 24.000 ton beton precast dengan penjualan mencapai Rp 63 miliar.

Ke depan, Pabrik Gasing juga akan melakukan diversifikasi produk. Jika saat ini masih memproduksi produk jenis putar maka nantinya perusahaan akan memproduksi jenin non putar seperti beton untuk rel kereta.

Adapun proyek yang sedang diincar WSBP untuk dilayani pabrik Gasing di Kalimantan adalah Jembatan Penajam.

Seperti diketahui, WSBP saat ini telah memiliki 11 pabrik pracetak dengan total kapasitas 3,25 juta ton per tahun yang tersebar di Cibitung, Palembang, Sidoarjo, Kalijati, Karawang, Bojonegara, Subang, Klaten, Sadang, Gasing dan Legundi.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×