kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WSBP Supplai Beton untuk Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1&2


Jumat, 24 November 2023 / 17:00 WIB
 WSBP Supplai Beton untuk Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1&2
ILUSTRASI. Waskita Beton Precast produksi?Spun Pile berdiameter 600 mm untuk rpyek infrastruktur keairan


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mendapatkan kontrak dari proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tampino Seksi 1 dan Seksi 2. Proyek ini merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

Proyek tol yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan jalan tol pertama di Provinsi Jambi yang menghubungkan daerah Jambi ke Palembang hingga Lampung. Kehadiran Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino akan menambah panjang Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan merupakan langkah awal kelanjutan pembangunan JTTS Tahap II.

Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary Waskita Beton menyatakan,terlibatnya perseroan dalam memasok kebutuhan beton untuk proyek itu menguatkan kontribusi WSBP dalam pembangunan infrastruktur jalan tol. “Sejak 2014, kami telah menyuplai jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah,” kata dia dalam keterangan resminya, Jumat (24/11).

Baca Juga: Hutama Karya (HK) Prediksi Kenaikan Volume Lalu Lintas Tol Hingga 1,23 Juta Kendaraan

Proyek Jalan Bayung Lencir-Tampino Seksi 1 dan Seksi 2 memiliki panjang sekitar  20 km. Seksi I merupakan merupakan proyek milik Adhi-Waskita-Jaya Konstruksi KSOdan seksi 2 adalah proyek milik PTPP-Nindya Karya KSO yang didapat sejak akhir kuartal II 2023 lalu.

Total nilai kontrak yang didapat WSBP dari proyek tersebut mencapai Rp 225,5 miliar. Perusahaan menyuplai 4 produk unggulannya yaitu Readymix sebanyak 56.650 m3, Spun Pile sebanyak 13.003 batang, Square Pile sebanyak 1.558 batang, PC-I Girder sebanyak 66 batang.

Untuk produk Readymix, WSBP mendirikan Batching Plant di lokasi Seksi 1 di Bayung Lencir Sumatera Selatan yang memiliki kapasitas volume produksi sebesar 90 m3/jam yang mampu menyuplai kebutuhan pembangunan tol tersebut.

Baca Juga: Jasa Marga Raih Kredit Sindikasi Rp 7,396 Triliun untuk Tol Probolinggo - Banyuwangi

Saat ini progress produksi Readymix sudah mencapai 4,87% yang dilakukan sejak Oktober 2023 dan ditargetkan selesai produksi pada Mei 2024. “Produk Readymix kami produksi di batching plant lalu langsung dikirimkan menggunakan truck mixer ke lokasi proyek,”ujarnya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan produk precast, WSBP mengerahkan Plant Gasing di Palembang. Saat ini total progress produksi seluruh produk sudah mencapai 45% dan dikirimkan secara bertahap sejak Agustus 2023 hingga Desember 2023 melalui jalur darat.

Hingga saat ini, lanjut Fandy, progress pengiriman mencapai 80% dari produk yang sudah terproduksi. “Secara keseluruhan proyek ini ditargetkan selesai pada 2024. Nantinya proyek ini dapat menunjang pertumbuhan ekonomi dan memperlancar lalu lintas di wilayah Sumatera,”tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×