Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Siapa yang tak kenal Xenia? Mobil besutan Daihatsu ini termasuk sebagai mobil terlaris di Indonesia. Tahun 2012 lalu, Daihatsu Xenia terjual hingga 73.314 unit di 2012 atau posisi kedua setelah penjualan Toyota Avanza.
"Produk kami (Xenia) terbukti sebagai mobil sejuta umat," kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor dalam Daihatsu Media Forum di Jakarta, Rabu (16/1). Saat ini, Xenia menjadi tulang punggung Daihatsu.
Dari 163.068 unit penjualan Daihatsu di 2012, sebanyak 45% penjualan disumbang oleh Xenia. Namun begitu, di tahun 2012, Xenia mendapatkan ancaman dari Suzuki lewat MPV terbarunya, yakni Ertiga yang tahun 2012 terjual hingga 34.704 unit.
Tak hanya itu, Xenia kini juga memiliki kompetitor baru di pasar low MPV, yakni Nissan Evalia yang juga mulai menarik pembeli di 2012.
Amelia bilang, mobil MPV memang banyak digemari pembeli di Indonesia. Sebab, mobil tersebut berkapasitas besar yang dapat memuat tujuh hingga delapan orang. "Pasar Indonesia unik. Beli sebuah mobil selalu buat keluarga," tandas Amelia.
Oleh sebab itu, tak heran apabila akan banyak produsen yang masuk dalam segmen MPV ini. Agar tidak kalah bersaing dengan pendatang baru, Daitasu menurut Amelia akan memperkuat kinerjanya/
"Kami akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen agar konsumen lebih menghargai merek kami (Daihatsu)," tukasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News