kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yamaha Siap Luncurkan Empat Motor Gede Bulan Ini


Senin, 04 November 2013 / 07:14 WIB
Yamaha Siap Luncurkan Empat Motor Gede Bulan Ini
ILUSTRASI. Cek Cara Download Sertifikat UTBK 2022 Ini dan Jadwal Masa Unduhnya ini. ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Herlina Kartika Dewi

JAKARTA. Pasar motor dengan mesin berkapasitas besar atau yang lebih dikenal dengan motor gede (moge) bakal lebih semarak. Dalam waktu dekat, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal meramaikan pasar moge di Indonesia.

Rencananya, Yamaha akan meluncurkan empat varian motor gede di bulan ini. Keempat varian moge besutan Yamaha itu adalah Yamaha R1, Yamaha R6, Yamaha T-Max, dan Yamaha V-Max.

Eko Prabowo, General Manager Promotion and Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menjelaskan, Yamaha sengaja meluncurkan moge menjelang akhir tahun. Alasannya, "Ini adalah strategi marketing kami, agar produk kami lebih fresh di awal 2014 nanti," ujar dia kepada KONTAN baru-baru ini.

Lantaran pasar moge di Indonesia masih sangat mungil, Yamaha tidak mematok target penjualan yang terlalu besar untuk sepeda motor di segmen tersebut. Menurut Eko, kontribusi penjualan moge tidak akan bisa menandingi sepeda motor jenis lainnya seperti motor skuter matik (skutik), motor bebek (underbone) maupun motor sport.

Eko menuturkan, peluncuran motor jumbo Yamaha dilakukan untuk memantapkan citra perusahaan sebagai produsen otomotif besar, baik di Indonesia maupun di dunia. Karena itu, perusahaan tersebut tidak mematok kontribusi penjualan yang terlampau besar untuk kendaraan segmen ini.

Apalagi di di Indonesia,  konsumen pemakai kendaraan jenis moge juga masih sangat terbatas.

Eko juga masih enggan membeberkan berapa harga moge yang akan dibanderol dan target penjualannya. Menurutnya Yamaha masih menghitung harga jual yang tepat untuk moge yang akan segera dilempar ke pasaran ini. Yang jelas, "Kontribusi terhadap penjualan total kecil, di bawah 10%," ungkapnya.

Sebagai catatan, sepanjang bulan September 2013, Yamaha berhasil menjual 216.919 unit sepeda motor. Angka itu naik 41,37% ketimbang penjualan di bulan sebelumnya, yaitu 153.440 unit. Sebagian besar angka penjualan Yamaha di September datang dari motor skutik. Produk itu mencetak angka penjualan sebanyak 113.970 unit atau 52,54% dari total penjualan motor Yamaha. Sedang motor bebek (underbond) dan motor sport masing-masing terjual sebanyak 50.478 unit dan 52.471 unit.

Selama sembilan bulan pertama tahun ini, Yamaha mampu meraup pangsa pasar lebih dari 30% dari total penjualan sepeda motor di Indonesia.
Sepanjang Januari hingga September 2013, Yamaha mampu menjual 1.879.294 unit sepeda motor atau 32,3% dari seluruh penjualan sepeda motor nasional dalam periode tersebut yang mencapai 5.812.807 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×