kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,09   7,49   0.75%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup MNC berambisi membesarkan properti


Sabtu, 25 Maret 2017 / 18:18 WIB
Grup MNC berambisi membesarkan properti


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Grup MNC melalui PT MNC Land Tbk berambisi membesarkan bisnis properti di sejumlah wilayah Tanah Air. Selain mengembangkan proyek sendiri, mereka menggandeng mitra bisnis perusahaan lain.

Hary Tanoesoedibjo, Chief Executive Officer Grup MNC mengakui, saat ini prospek bisnis properti menggiurkan. Makanya, sektor bisnis tersebut menjadi fokus kedua Grup MNC setelah bisnis media, sejak tahun 2010.

Daftar rencana proyek Grup MNC mencakup Lido Integrated Resort & Theme Park di Lido Sukabumi Jawa Barat, Bali Nirwana Resort di Bali, MNC Smart City Tangerang di Banten dan proyek di Surabaya, Jawa Timur. Namun dengan alasan proyek-proyek tersebut bersifat jangka panjang, mereka tak mau membeberkan alokasi dana belanja modal alias capital expenditure.

Yang terang, untuk proyek di Lido misalnya, MNC Land sudah mengantongi izin pengembangan proyek seluas 3.000 hektare (ha). Sejauh ini, mereka telah mengakuisisi 2.000 ha lahan di sana.

MNC Land akan mengembangkan proyek Lido secara bertahap. Sebagian mereka kembangkan sendiri dan sebagian lagi bersama dengan mitra strategis.

Pada tahap awal, MNC Land akan mengembangkan lahan 700 ha dengan target penyelesaian tahun 2020. Perusahaan berkode saham KPIG di Bursa Efek Indonesia itu akan mencuil 150 ha di antaranya untuk pengembangan theme park alias taman hiburan.

MNC Land berencana membangun sendiri taman hiburan itu dengan target penyelesaian tahun 2019. "Pemda sudah mengeluarkan izin zona untuk theme park ini, tapi untuk IMB (izin mendirikan bangunan) belum karena desain belum selesai," jelas Herman Bunjamin, Wakil Direktur Utama PT MNC Land Tbk, Jumat (24/3).

Rencana proyek lain di Lido adalah Trump Luxury Resort Hotel bintang 6, Trump Luxury Residence, lapangan golf dan country club. Proyek yang menghabiskan lahan 300 ha itu, merupakan kerjasama antara MNC Land dengan The Trump Organization, bisnis milik Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump. Target pengoperasian proyek tersebut pada tahun 2018.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×