kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PGN perluas jaringan gas ke perumahan di Batam


Rabu, 03 Agustus 2016 / 15:33 WIB
PGN perluas jaringan gas ke perumahan di Batam


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memperlus jaringan gas bumi khususnya ke rumah tangga, salah satunya ke beberapa perumahan di Batam, Kepulauan Riau.

"PGN memiliki target menambah jaringan gas bumi melalui program PGN Sayang Ibu sebanyak 110.000 sambungan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dalam periode 2016-2019," kata Seketaris Perusahaan PGN, Heri Yusup, melalui siaran tertulisnya, Rabu (3/8).

Heri mengatakan, salah satu daerah yang akan diperluas jaringan gas bumi rumah tangga ada di Batam, Kepulauan Riau. Saat ini PGN melalui anak usahanya PT PGAS Solution sedang membangun pipa sepanjang 10,6 kilometer (km) dengan nilai proyek sekitar Rp 9,08 miliar.

"Pipa-pipa tersebut akan menyalurkan gas bumi ke sekitar 500 rumah yang ada di Perumahan Greenland, Perumahan Kurnia Djaya Alam dan Perumahan Tunas Regency di Pulau Batam. Proyek ini dibiayai PGN sendiri," ungkap Heri.

Heri menambahkan, di saat yang bersamaan, PGN tengah menyelesaikan proyek penugasan dari Kementerian ESDM dengan memasang 4.000 sambungan gas rumah tangga di Batam. "Saat ini sudah ada sekitar 750 rumah tangga di Batam menikmati gas bumi yang bersih, efisien, aman dan mudah dari PGN," tambahnya.

Adapun PGN saat ini juga telah menyalurkan gas bumi ke 27 pelanggan komersil seperti hotel dan restoran, serta 39 industri skala kecil hingga besar di Batam. Awal tahun 2016, PGN juga baru saja menyelesaikan proyek pembangunan jaringan gas bumi sepanjang 18,3 km di Batam. Proyek pipa gas yang berada di kawasan bisnis Batam ini akan menyalurkan gas bumi ke wilayah Nagoya, Lubuk Baja, dan Jodoh di Batam.

"Nantinya infrastruktur pipa gas Bumi ini akan memasok gas ke jasa komersil seperti hotel dan restoran di kawasan Nagoya dan jasa restoran serta industri di Batam," kata Heri.

Sampai dengan kuartal I-2016, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 UKM, mal, hotel, rumah sakit, restoran, serta 1.576 industri skala besar dan pembangkit listrik.

Pelanggan PGN tersebut tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

"PGN merupakan badan usaha penyalur gas bumi terbesar di Indonesia. Total jaringan pipa gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN saat ini mencapai lebih dari 7.100 km, jumlah ini setara dengan 76% pipa gas bumi hilir yang ada di seluruh Indonesia," tutup Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×