kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinar Mas Agro catat penjualan Rp 25,8 T Q3


Senin, 06 November 2017 / 20:45 WIB
Sinar Mas Agro catat penjualan Rp 25,8 T Q3


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) mencatat pertumbuhan penjualan yang positif di kuartal ketiga 2017. Pasalnya, penjualan perusahaan ini meningkat sekitar 22,6% dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni dari Rp 21 triliun menjadi Rp 25,8 triliun.

Head of Investor Relations SMART, Pinta S. Chandra mengatakan, peningkatan penjualan ini disebabkan adanya kenaikan dari sisi harga jual yang sesuai dengan harga pasar minyak kelapa sawit (CPO), maupun kuantitas penjualan.

"Peningkatan penjualan ini juga didukung dengan peningkatan produksi dari kebun yang mengalami kenaikan," ujarnya kepada KONTAN, Senin (6/11).

Pinta menjelaskan, kenaikan penjualan SMART di domestik memberikan kontribusi paling besar tehadap peningkatan penjualan. Berdasarkan laporan keuangan SMART, penjualan dari domestik dan penjualan dari ekspor turut mengalami kenaikan.

Penjualan domestik meningkat menjadi 27% menjadi Rp 11 triliun, sementara dari ekspor, penjualan SMART meningkat sebesar 19% menjadi Rp 14 triliun.

Hingga kuartal III tahun ini, produksi crude palm oil (CPO) SMART meningkat 14% dibandingkan tahun lalu. Sayangnya, Pinta tidak menyebutkan berapa total produksi CPO yang dihasilkan SMART.

Menurut Pinta, kenaikan produksi ini disebabkan meredanya dampak kekeringan yang sempat terjadi pada 2015 lalu.

Hingga akhir tahun, SMART menargetkan penjualan sebesar Rp 35,17 triliun atau meningkat 18% dibandingkan tahun lalu. "Pencapaian target ini akan sangat tergantung pada pergerakan harga pasar CPO dan produksi kebun di kuartal IV 2017," ujar Pinta.

Sementara itu, Joni Wintarja, analis NH Korindo Sekuritas mengatakan, rata-rata produksi dan penjualan emiten perkebunan sawit memang mengalami kenaikan hingga kuartal ketiga tahun ini.

Namun, dia memperkirakan penjualan emiten perkebunan sawit pada kuartal IV tahun ini tidak akan meningkat signifikan dibandingkan sembilan bulan sebelumnya lantaran pemulihan produksi sudah terjadi pada kuartal IV 2016. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×