kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baru 10 SPBU siap pasang dispenser gas tahun depan


Minggu, 19 November 2017 / 18:52 WIB
Baru 10 SPBU siap pasang dispenser gas tahun depan


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 25 Tahun 2017 pada April lalu untuk mempercepat konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Dalam beleid tersebut, pemerintah mewajibkan pemilik SPBU untuk memasang satu dispenser gas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Ego Syahrial, pun telah melayangkan surat kepada Pertamina dan Badan Usaha niaga BBM pemilik SPBU untuk segera menyampaikan usulan SPBU yang akan dipasang dispenser BBG. Usulan tersebut untuk menyusun roadmap percepatan pemanfaatan BBG.

Jika usulan SPBU sudah didapat, pemerintah akan melakukan feasibility study dari usulan Badan Usaha pemilik SPBU tersebut. Pemerintah memang tengah menyusun peta jalan untuk pemanfaatan BBG untuk transportasi jalan dan petunjuk pelaksanaan Permen ESDM 25/2017.

Sejauh ini pemerintah menargetkan beberapa kota yang akan masuk dalam percepatan pemanfaatan BBG untuk transportasi, yaitu Kota Medan, Pekanbaru, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Samarinda dan Bontang. Namun usulan dari badan usaha pemilik SPBU masih minim.

Pemerintah baru menerima usulan dari PT Pertamina (Persero). Pertamina mengusulkan adanya pemasangan dispenser gas di tujuh unit SPBU Eco Station pada 2018. 

Namun lokasi SPBU yang diusulkan oleh Pertamina masih belum ditentukan. "Roadmap SPBU Eco Station Pertamina ini masih belum spesifik,"ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana ke Kontan.co.id pada Minggu (19/11).

Dadan bilang, hingga 2017, Pertamina telah memasang dispenser gas di enam SPBU. Keenam SPBU tersebut berada di SPBU Gandaria (DODO), SPBU Daan Mogot (COCO), SPBU Mampang (DODO), SPBU Cilandak (DODO), SPBU Margonda-Depok (DODO), dan SPBU TB Simatupang (DODO).

Selain Pertamina, ada pula BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Utilitas Propertindo yang telah mengusulkan 10 unit SPBG untuk masuk dalam roadmap percepatan pemanfaatan BBG untuk transportasi. Sebanyak 10 SPBG tersebut berada di DKI Jakarta.

"BUMD Pemprov DKI Jakarta, PT Jakarta Utilitas Propertindo telah mengusulkan 10 unit SPBG yaitu tujuh eksisting dan tiga akan dioperasikan pada 2018 untuk dimasukkan ke dalam roadmap percepatan pemanfaatan BBG untuk transportasi jalan," imbuh Dadan.

Sebelumnya, pemerintah menyebut telah memiliki roadmap SPBU sebagai implementasi aturan Permen 25/2017 ini. Totalnya ada 150 SPBU yang telah diseleksi untuk memasang dispenser gas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×