kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BATA berencana membuka 10 gerai sepatu anak


Senin, 16 April 2018 / 11:30 WIB
BATA berencana membuka 10 gerai sepatu anak


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah gerai Sepatu Bata dan Marie Claire, PT Sepatu Sepatu Bata Tbk menambah satu merek gerai baru yang khusus menjual sepatu anak-anak, yakni Bubblegummers. Tahun ini mereka menargetkan pembukaan 10 gerai.

Luas satu gerai Bubblegummers sekitar 80 meter persegi (m) dengan biaya investasi sekitar Rp 3,5 miliar. Alhasil, total nilai investasi 10 gerai mencapai Rp 35 miliar.

Gerai perdana Bubblegummers hadir di Mall Kota Kasablanka Jakarta pada Sabtu, 14 April 2018 kemarin. Toko tersebut menghadirkan produk alas kaki anak-anak dengan konsep warna-warni. Ada lebih dari 250 koleksi mejeng di sana.

Setelah Mall Kota Kasablanka, target lokasi ekspansi selanjutnya adalah kawasan Bintaro. Sepatu Bata sudah menetapkan lokasi ekspansi, seperti Jabodetabek, Makassar dan Surabaya.

Bubblegummers sendiri sejatinya bukan merek baru. Merek sepatu itu sudah ada di lapak Sepatu Bata.

Aasan Sepatu Bata mendirikan gerai khusus karena potensi bisnis yang menjanjikan. "Indonesia adalah negara kedua di Asia setelah India, di mana Bubblegummers meluncurkan konsep toko baru" terang Taufik Lasono, Retail Operation Manager PT Sepatu Sepatu Bata Tbk di Jakarta, Sabtu (14/4).

Meski kian serius menggarap pangsa pasar sepatu anak-anak, Sepatu Bata tak lantas mematok target tinggi. Mereka hanya berharap mampu mempertahankan kontribusi penjualan segmen anak-anak antara 11%-12% sepanjang tahun ini. Kontribusi penjualan selebihnya terdiri dari 22% segmen wanita, 18% segmen pria dan sisanya porsi penjualan produk lain-lain.

Rencana ekspansi gerai Sepatu Bata tak hanya berkutat pada Bubblegummers. Sebenarnya, perusahaan berkode saham BATA di Bursa Efek Indonesia tersebut juga berencana membuka gerai alas kaki merek North Star. Hanya, manajemen perusahaan belum bisa membagikan banyak informasi.

Dalam pemberitaan KONTAN akhir tahun lalu, Sepatu Bata menyebutkan rencana penambahan 25 gerai baru pada tahun 2018. Perinciannya, 20 gerai Sepatu Bata dan lima gerai Marie Claire. Rencana lokasinya di luar Jawa. Jadi, perusahaan tersebut akan mengikuti perkembangan pembukaan pusat perbelanjaan baru di Manado Makassar dan Bali.

Selain menambah gerai baru, Sepatu Bata juga berencana merenovasi 55 gerai lawas. Menurut catatan mereka, saat ini ada sekitar 550 gerai yang beroperasi.

Sambil mengawal rencana ekspansi sendiri, Sepatu Bata menyiapkan skema kemitraan bisnis dalam bentuk waralaba kepada para investor. Perusahaan tersebut berharap, bisa menjalin 15 kemitraan waralaba pada tahun ini.

Hingga kuartal I 2018, Sepatu Bata mengaku membukukan pertumbuhan penjualan sekitar 2%–3%. Sementara sepanjang tahun 2017, penjualan neto mereka terhitung turun 2,53% year on year (yoy) menjadi Rp 974,54 miliar. Namun laba tahun berjalan masih mendaki 27,04% yoy menjadi Rp 53,65 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×