kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beverindo ramaikan bisnis bir domestik


Kamis, 04 Januari 2018 / 08:43 WIB
 Beverindo ramaikan bisnis bir domestik


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah banyaknya aturan penjualan minuman beralkohol di negeri ini, PT Beverindo Indah Abadi tetap berupaya memikat hati para konsumen. Salah satunya dengan merilis produk anyar Prost Alster menjelang tutup tahun 2017 kemarin.

Perayaan pergantian tahun dinilai tepat sebagai momentum merilis produk bir baru. Hal itu merujuk pada kebiasaan berkumpul dan merayakan tahun baru bersama. "Bir akan menjadi salah satu minuman yang selalu ada pada saat perayaan tersebut," ujar Thomas Dosy, CEO Beverindo Indah Abadi kepada KONTAN, Rabu (3/1).

Dengan produk baru ini, Beverindo Indah Abadi berharap dapat mencuil pangsa pasar lebih tinggi di industri minuman beralkohol domestik. Hadirnya produk minuman beralkohol baru dari Beverindo Indah Abadi ini tentu saja akan membayangi dominasi produsen lokal lain, seperti PT Multi Bintang Indonesia Tbk.

Beverindo Indah Abadi menyasar segmen anak muda dalam pemasaran Prost Alster tersebut. Produk minuman beralkohol ini memiliki rasa kombinasi antara buah lemon dengan bir otentik yang diklaim sesuai dengan citarasa kesukaan generasi milenial.

Thomas menambahkan, Beverindo Indah Abadi akan terus melakukan inovasi untuk menciptakan varian rasa yang berbeda untuk minuman beralkohol lain. Tentu saja, hal ini bakal disesuaikan dengan pasar yang berbeda.

Saat ini, Prost Alster hadir dengan rasa lemon saja dan belum ada varian rasa baru. "Konsumen itu berbeda-beda, sehingga setiap produk baru akan memiliki segmen konsumen yang berbeda pula," terang Thomas.

Perlu dicatat, tren pertumbuhan bisnis minuman beralkohol yang diraih Beverindo Indah Abadi terus naik tajam. "Dalam dua tahun, Prost Beer sudah berhasil menempati posisi lima besar di industri bir di Indonesia secara brand. Kami menargetkan Prost Beer naik ke posisi keempat di tahun 2018," ujar Thomas.

Dalam pemasaran produk, Beverindo Indah Abadi sudah mendistribusikan ke hotel, restoran dan kafetaria (Horeka). Selain itu, perusahaan ini juga aktif memasarkan produknya ke industri pariwisata di Indonesia. Sampai saat ini, produk Prost Alster sudah didistribusikan ke beberapa wilayah di tanah air. Seperti Jawa, Bali dan daerah-daerah wisata lainnya.

Namun sayang, Thomas masih merahasiakan strategi dan target kontribusi produk Prost Altser terhadap pendapatan perusahaan. Walau pasar minuman beralokohol sempit, Beverindo Indah Abadi tetap berkomitmen menjual produk birnya hanya di segmen horeka dan kawasan wisata.

Hal ini sesuai dengan aturan pemerintah terkait peredaran minuman beralkohol.PT Beverindo Indah Abadi merupakan anak usaha PT Perindustrian Bapak Djenggot produsen Anggur Cap Orang Tua. Bedanya Beverindo produksi minuman beralkohol golongan A.

Sedangkan PT Perindustrian Bapak Djenggot memproduksi minuman beralkohol golongan B. Dalam pemasaran Prost Alster menyasar segmen anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×