kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blibli.com serius garap pasar otomotif


Rabu, 17 September 2014 / 16:23 WIB
Blibli.com serius garap pasar otomotif
ILUSTRASI. beberapa ide menata ruang tamu dengan sofa berwarna hijau zamrud atau hijau emerald


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Tren penjualan mobil yang terus meningkat setiap tahun, tentu diikuti meningkatnya kebutuhan terhadap aksesori, suku cadang (spare parts) dan produk perawatan mobil. Situs belanja online Blibli.com melihatnya tren ini sebagai peluang. Alhasil, Blibli.com serius menggarap peluang ini dengan melakukan diferensiasi  produk dan melengkapi situsnya dengan kategori Otomotif yang khusus menyediakan berbagai perlengkapan kendaraan bermotor. 

Adapun kategori Otomotif ini terbagi menjadi beberapa kategori penjualan barang yaitu eksterior mobil;  lampu mobil; mesin mobil; interior mobil; audio mobil & aksesoris; parfum, pembersih & perawatan mobil, dan perawatan mobil.  

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto menjelaskan, seiring tren penggunaan internet di Indonesia, maka belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, dan belanja online perlengkapan otomotif di Blibli.com juga mengalami pertumbuhan bagus. 

Seperti yang bisa dilihat dari data penjualan Blibli.com selama semester I-2014, lini penjualan kategori otomotif Blibli.com mengalami peningkatan penjualan lebih dari 1.600% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Produk eksterior mobil, pembersih dan perawatan mobil, serta interior mobil menjadi tiga macam kebutuhan kendaraan bermotor paling laku selama enam bulan pertama di tahun ini.

“Terjadinya peningkatan penjualan mobil di Indonesia pastinya turut mempengaruhi adanya kebutuhan terhadap perlengkapan pendukung otomotif seperti produk eksterior mobil, perawatan mobil, audio mobil dan aksesori, interior mobil dan lainnya,” katanya melalui siaran pers, Rabu (17/9). 

Lebih lanjut dirinya mencontohkan pelayanan spesifik yang menyasar kebutuhan pengguna mobil, misalnya pemasangan kaca film mobil datang ke rumah, yang saat ini berlaku khusus untuk area Jabodetabek seperti bisa dicek pada link: blib.li/kacafilm , atau paket salon mobil ke rumah atau kantor seperti bisa dicek pada link: blib.li/salonmobil. “Rencana ke depan, kami akan semakin menambah varian produk supaya memenuhi kebutuhan penggemar otomotif,” ungkap Kusumo. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan mobil di Indonesia terus mengalami kenaikan selama tiga tahun terakhir ini. Pada 2010, penjualan mencapai 764.710 unit, meningkat menjadi 899.164 unit (2011), dan meningkat lagi menjadi 1.116.230 unit pada 2012. 

Pada tahun 2013, penjualan mobil meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 1.229.904 unit, dan Gaikindo menyampaikan optimisme pada tahun 2014 penjualan mobil bisa mencapai 1.250.000 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×