: WIB    —   
indikator  I  

Cek, promo Harbolnas segmen transportasi

Cek, promo Harbolnas segmen transportasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 tinggal menunggu hari. Sudah kepikiran akan menyisihkan uang Anda untuk berbelanja apa tahun ini?

Sebagai gambaran saja, di bawah ini ada beberapa ulasan seputar segmen transportasi yang akan ikut memeriahkan Harbolnas 2017.

Citilink

Setelah tahun lalu berpartisipasi dalam Harbolnas, tahun ini Citilink kembali ikut dalam acara yang ditunggu-tunggu semua konsumen pecinta belanja online.

Benny S Butarbutar, Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia mengatakan pada Harbolnas 2016 lalu, Citilink Indonesia memberikan potongan langsung bagi konsumen yang membeli tiket penerbangan lewat website dan mobile app resmi Citilink Indonesia.

Sekadar informasi, tahun lalu Citilink bekerja sama dengan BNI yang mana transaksi minimal Rp 2 juta ada potongan Rp 200.000 ke semua destinasi dengan menggunakan kartu kredit BNI

Citilink juga mengikuti Harbolnas pada 11 November lalu. Diantaranya promo yang ditawarkan adalah Citilink mengadakan penawaran menarik Harbolnas 11.11 yang jatuh pada 6 November 2017 kemarin.

Sebagai salah satu maskapai Indonesia, Citilink ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Harbolnas di antaranya promo harga penerbangan mulai dari Rp 270.000 saja. Promo sudah termasuk tiket pesawat, makanan, bagasi 30 kg, dan bebas pilih kursi. Dan masih banyak promo lagi pada Harbolnas bulan lalu.

Sayangnya, Benny belum bisa membocorkan akan ada promo apa untuk tahun ini.

“Tentu saja Citilink Indonesia telah menyiapkan banyak kejutan baru untuk tahun ini yang bisa didapatkan jika melakukan transaksi secara online pada Harbolnas,” kata Benny.

AirAsia

Airasia dikenal sebagai maskapai yang kerap memberikan kursi gratis ataupun diskon untuk pembelian tiket lewat website resminya. Tahun ini AirAsia kembali berpartisipasi dalam Harbolnas, setelah tahun lalu absen.

Sekadar informasi saja, AirAsia sempat mengikuti Harbolnas pada 2015 lalu dan bekerja sama dengan Lazada. Promo yang ditawarkan saat ini adalah diskon 20% untuk pembelian tiket di airasia.com dan ada voucher belanja dari Lazada sebagai bonusnya.

Baskoro Adiwiyono, Head of Corporate Secretary and Communication PT Indonesia AirAsiabilang ikut andilnya AirAsia tahun ini dalam Harbolnas adalah untuk melengkapi saluran distribusi secara online.

“Sebagai maskapai yang sangat percaya pada potensi e-commerce sejak awal, di mana airasia.com telah menjadi basis pemesan kursi penerbangan kami yang utama, tentunya kami menyambut baik dan senang untuk dapat berkolaborasi dengan e-commerce lainnya,” kata Baskoro.

Sayangnya, Baskoro masih belum mau membeberkan akan seperti apa promo dari AirAsia di Harbolnas nanti.

“Bentuk partisipasi persisnya sedang kami diskusikan secara internal. Namun, tentunya melibatkan transaksi dari platform mobile,” kata Baskoro.

Gojek

Piotr Jakubowski, Chief Marketing Officer Gojek mengatakan sebagai perusahaan karya anak bangsa, Gojek senantiasa fokus mendorong sektor UMKM mengembangkan bisnisnya melalui kanal digital untuk memperluas pasar.

"Kami melihat hal tersebut dapat diakomodir melalui Harbolnas, di mana para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya lewat situs belanja online,” kata Piotr.

Tahun ini merupakan tahun pertama Gojek berpartisipasi dalam Harbolnas. Dalam Harbolnas kali ini, Gojek melalui layanan Gosend menjadi mitra pengiriman logistik resmi.

Saat ini sudah ada 16 e-commerce yang telah terintegrasi dengan layanan Gosend baik instant delivery maupun same day delivery. Kedua layanan tersebut dapat memudahkan pelanggan untuk menerima barang lebih cepat, dan di sisi penjual bisa menyelesaikan keseluruhan transaksi lebih cepat.

Untuk fitur same day delivery, pelanggan dapat menerima barang yang dipesan dalam jangka waktu 6-8 jam sejak penjual mengonfirmasi pesanan, sedangkan untuk layanan instant delivery, pembeli bisa menerima barang 1-3 jam sejak pesanan dikonfirmasi.

Tak sampai di situ, dalam memastikan keamanan pengiriman dan kepuasan pelanggan, kami juga memiliki fitur live-tracking yang memungkinkan pelanggan untuk mengecek status barang, identitas dan posisi driver setiap saat, tanpa harus menghabiskan pulsa untuk menelepon call center.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan Gosend tersebut, Piotr percaya pelanggan bisa merasakan pengalaman berbelanja online yang lebih baik dan bahkan bisa merasakan pengalaman seperti berbelanja di toko fisik. Barang dapat diterima pada hari yang sama, dan tidak perlu menunggu beberapa hari.

"Tentunya, ini akan membantu pelanggan terutama bagi mereka yang sibuk dan tidak punya waktu pergi ke toko. Untuk itu, melalui Harbolnas tahun ini, kami berharap lebih banyak pelanggan dapat merasakan berbelanja yang nyaman, aman dan cepat,” kata Piotr.

Penggunaan layanan Gosend juga akan berdampak positif bagi para pelaku usaha. Piotr bilang data partner menunjukkan sejak Gosend dipilih sebagai salah satu pilihan pengiriman ada peningkatan yang signifikan terhadap pesanan yang mereka terima.

"Dengan adanya Harbolnas dan GO-SEND sebagai pilihan pengiriman, kami percaya para UMKM bisa mendapatkan pesanan yang lebih banyak lagi,” ujar Piotr.

 


Reporter Francisca Bertha Vistika
Editor Dessy Rosalina

E-COMMERCE

Feedback   ↑ x