kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Divestasi saham Freeport pakai harga pasar


Kamis, 13 Juli 2017 / 19:05 WIB
Divestasi saham Freeport pakai harga pasar


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Negosiasi pemerintah dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) tampaknya mengalami kesulitan pada bagian divestasi saham 51%. Sejauh ini hitungan nilai penjualan saham masih belum rampung.

Pasalnya pemerintah menginginkan valuasi harga divestasi 51% dihitung melalui harga pasar tanpa menghitung nilai cadangan ke depan. Sementara Freeport menginginkan nilai cadangan sampai 2041 dimasukan ke dalam valuasi divestasi.

Asal tahu saja, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan, seluruh negosiasi selesai pada akhir Juli ini. Dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diberikan tugas menyelesaikan dua negosiasi, yakni stabilitas investasi dan divestasi saham 51% itu. 

Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani enggan berkomentar mengenai apakah nilai divestasi saham sudah diketahui dan siapa yang disiapkan untuk mengambil. "Saya tidak ada pernyataan mengenai divestasi itu," terangnya di Gedung DPR, Kamis (13/7).

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM, Teguh Pamudji pun demikian. Ia bilang, belum menerima hasil laporan dari Kementerian Keuangan terkait berapa nilai divestasi itu. "Tim yang kemarin rapat belum kasih laporan," tandasnya.

Namun sumber KONTAN dari Kementerian ESDM menyatakan sesuai dengan rapat terakhir di Hotel Milenium Senin (9/7) kemarin. Pembahasan divestasi menjadi topik utama. Kementerian Keuangan sedang menghitung nilai divestasi 51% melalui harga pasar.

"Kita tidak lagi menghitung dengan replacment cost karena memang tidak adil, tapi pakai harga pasar. Nilai cadangan Freeport ke depan tidak dihitung," terang sumber tersebut kepada KONTAN, Kamis (13/7).

Asal tahu saja, sebelumnya pada divestasi saham 10,64% Freeport, pemerintah mengeluarkan skema perhitungan melalui replacment cost senilai US$ 630 juta. Sementara hitungan Freeport dengan memakai harga pasar ditambah nilai cadangan sampai 2041 senilai US$ 1,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×