: WIB    --   
indikator  I  

Hama wereng bikin produksi padi anjlok

Hama wereng bikin produksi padi anjlok

KONTAN.CO.ID – Produksi padi turun drastis akibat serangan hama wereng. Petani di sejumlah daerah pun mengeluhkan kondisi ini.

"Betul hama wereng menyerang padi sehingga hasil panen berkurang 50%," ujar Fajar Pamuji, Ketua Bidang Tanaman Pangan, Kontak Tani Nelayan Andalan, Jakarta, Kamis (10/8).

Akibat serangan itu Fajar menerangkan beberapa petani mulai memanen cepat lahannya. Fajar bilang hama wereng menyerang di berbagai daerah termasuk Jawa Timur.

Biasanya menurut Fajar dalam satu hektar lahan dapat menghasilkan hingga 7 ton. Namun, akibat serangan hama hasil produksi lahan satu hektar hanya menghasilkan maksimal 4 ton.

Akibat serangan itu banyak petani yang kehilangan hasil panennya. Fajar bilang, satu-satunya cara adalah dengan segera melakukan panen sebelum hama tersebut merambat pada padi yang masih belum terkena serangan.

Fajar menyarankan untuk mengatasi terulangnya kejadian tersebut adalah dengan meneruskan pemberian bibit yang tahan hama pada petani. Langkah lain adalah dengan pemberian pupuk kompos.


Reporter Abdul Basith
Editor Yudho Winarto

BERAS

Feedback   ↑ x
Close [X]