: WIB    —   
indikator  I  

J&T Express ganti slogan

J&T Express ganti slogan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan jasa pengiriman barang J&T memiliki slogan baru, yaitu “Express Your Online Business”. Perubahan slogan dilakukan karena manajemen melihat bisnis e-commerce yang bergerak begitu cepat di Indonesia.

Saat ini bisnis E-commerce sendiri menyumbang kontribusi sebesar 60% dari keseluruhan pengiriman yang dilakukan J&T. Meskipun sudah cukup besar, Robin Lo selaku Chief Executive Officer (CEO) J&T Express menyatakan bahwa harapannya untuk pengiriman e-commerce dari J&T bisa sampai 80% dan 20% sisanya dari ritel.

Untuk diketahui, J&T telah berdiri di Indonesia selama 2 tahun, namun J&T mengklaim telah melayani pengiriman ke seluruh kota di Indonesia. Menurut data terakhir KONTAN, J&T memiliki 1.800 titik cabang dan akan menambahkan 200 cabang lagi untuk memenuhi target sebesar 2000 hingga akhir tahun ini.

Soal target, Robin Lo bilang, J&T mematok angka 300.000 pengiriman per hari. Adapun saat ini, manajemen sudah merealisasikan 250.000 pengiriman per hari, atau sudah mendekati target. Dengan jumlah pengiriman yang cukup besar, J&T mengklaim menjadi jasa pengiriman nomor dua di Indonesia.

Untuk tahun depan, J&T memiliki rencana meningkatkan moda transportasi yang saat ini berjumlah 1000 unit mobil menjadi 2000 unit mobil. Tidak hanya moda transportasi, J&T telah membeli lahan untuk pabrik penyortiran barang-barang. Lahan ini berada di pulau Jawa yaitu Bandung Jakarta, Surabaya & Semarang.

“Investasi untuk lahan itu Rp 800 miliar, dengan luas masing-masing lahan sekitar 10.000 meter persegi untuk mensortir 1 juta barang per hari,” bilang Robin saat  acara press conference slogan baru J&T di Jakarta, Senin (23/10)..

Robin juga mengatakan, harapannya akhir tahun depan lahan sudah bisa beroperasi. Selain di Jawa, J&T ingin ekspansi ke Sumatera, Kalimantan dan sekitarnya. Sedangkan untuk Indonesia Timur mungkin akan ekspansi ke Makassar. “Yang kami utamakan adalah membangun dulu, infrastruktur dan pelayanan bagus dahulu, nanti baru kita ngomong yang lain,” tuturnya.

Tidak hanya rencana ekspansi di Indonesia, Robin juga menyampaikan J&T ingin mendorong Indonesia agar menjadi pusat di Asia Tenggara. Jika seluruh rencana dari J&T lancar, akhir tahun ini J&T berencana untuk ekspansi ke luar negeri.

Rencananya adalah ekspansi ke Vietnam dan Malaysia terlebih dahulu. Memilih Vietnam dan Malaysia karena dekat dan potensi e-commerce disana juga sangat bagus sekali. Tapi sebelum itu, mau fokuskan local to local dahulu, setelah itu bagus baru dari Indonesia ke seluruh Asia Tenggara.

Sebenarnya, saat ini J&T sudah tersebar di banyak wilayah, namun belum tersebar sebanyak yang berada di pulau Jawa. Dari sebarannya ini, pengiriman untuk e-commerce sendiri yang berada di Jawa sebesar 70%, di Sumatera 10%, dan sisanya berada pada pulau-pulau lain.


Reporter Agatha Claudia Pascal
Editor Asnil Amri

MANAJEMEN

Feedback   ↑ x
Close [X]