kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Koperasi kopi raih transaksi miliaran di Korsel


Sabtu, 09 Desember 2017 / 15:30 WIB
Koperasi kopi raih transaksi miliaran di Korsel


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Empat koperasi kopi Indonesia yang mengikuti pameran kopi internasional, Café Show pada 9-12 November 2017 di COEX Seoul Korea, berhasil menggaet potensial buyer mancanegara. Koperasi kopi bahkan meraih transaksi awal sekitar US$ 140.000 atau setara Rp 1,89 miliar (US$=Rp 15.000).

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM , I Wayan Dipta bilang, keikutsertaan koperasi kopi Indonesia di Cafe Show ini, merupakan tindak lanjut dari MoU Menteri Koperasi dan UKM RI dengan SMBA (The Small and Medium Business Administration, Korea sejak 2017 menjadi Ministry of SMEs and Startups).

MoU itu ditandatangani pada Juni 2016 di New York. “Salah satu bidang kerja sama adalah dukungan kemudahan akses pasar produk kopi Indonesia masuk Korea," ujar I Wayan Dipta, dalam keterangan tertulis pada Sabtu (9/12)

Selanjutnya, Kemenkop UKM Deputi telah mengidentifikasi beberapa Koperasi yang sudah melakukan ekspor kopi dan potensial masuk pasar Korea. Selama ini koperasi mengekspor green bean, dalam business matching ini diharapkan dapat juga mendapat partner dengan inovasi teknologi sehingga koperasi dapat menikmati nilai tambah.

I Wayang Dipta menambahkan, potensi kopi Indonesia sangat besar. Selain itu koperasi petani kopi juga perlu terus ditingkatkan keterampilan menjual dan mengenali buyer serta pasar potensial.

“Di samping menjual produk, business matching juga membuka berbagai peluang, seperti jaringan usaha antar peserta, teknologi dan inovasi,” ujarnya.

Selain mengikuti  pameran, juga diagendakan business matching sekaligus promosi pada pameran Internasional Café Show. Untuk showcase, Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM mendapatkan dukungan dari Kementerian Perdagangan yang menyediakan lahan.

Ministry of SMEs and Startups Korea melalui SBC (Small and medium Business Corporation) memfasilitasi 4 Koperasi Kopi untuk mengikuti pameran internasional terbesar untuk Café dan produk terkait yaitu Café Show pada tanggal 9-12 November 2017 di COEX Seoul Korea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×