kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Metrodata Electronics (MTDL) Bukukan Kenaikan Laba Bersih 12,1% pada Tahun 2023


Kamis, 28 Maret 2024 / 16:02 WIB
Metrodata Electronics (MTDL) Bukukan Kenaikan Laba Bersih 12,1% pada Tahun 2023
ILUSTRASI. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) membukukan laba bersih sebesar Rp650,8 miliar pada tahun 2023


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Emiten teknologi informasi dan komunikasi (TIK) PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL membukukan laba bersih sebesar Rp650,8 miliar pada tahun 2023, meningkat 12,1% dari laba bersih tahun 2022 yang sebesar Rp580,5 miliar.

Perolehan laba bersih tersebut berkat pendapatan Perseroan yang mencapai Rp22,1triliun, yang merupakan pendapatan  tertinggi sepanjang sejarah Perseroan. Pendapatan tahun 2023 ini naik 5,2% dari pendapatan tahun 2022 yang  sebesar Rp 20,9 triliun, didorong oleh proses transformasi digital yang sedang gencar dilakukan perusahaan-perusahaan di Indonesia.  

“Perolehan keuntungan yang memuaskan ini menunjukkan bahwa, MTDL selalu sigap menangkap peluang bisnis yang ada.  Di mana pada tahun 2023, banyak peluang bisnis yang datang dari proses transformasi digital yang sedang dilakukan banyak korporasi di Tanah Air,” kata Presiden Direktur MTDL, Susanto Djaja dalan keterangannya, Kamis (28/3). 

Baca Juga: Metrodata Electronics (MTDL) Incar Pendapatan Rp 25 Triliun

Dari seluruh pendapatan Perseroan tersebut, unit bisnis distribusi masih menjadi kontributor terbesar dengan menyumbang pendapatan sebesar Rp 16,5 triliun, naik 0,6% YoY. Adapun pendapatan dari unit bisnis solusi dan konsultasi tercatat sebesar Rp 6,2triliun, meningkat 21,8%YoY.

Rincian peningkatan pendapatan pada unit bisnis distribusi terutama disumbang oleh segmen Komersial, yang tumbuh sebesar 13,8% YoY. Segmen ini berkontribusi sebesar 38.9% terhadap total pendapatan distribusi, sesuai dengan tren transformasi digital yang semakin marak di kalangan pelaku bisnis.

Sementara itu, segmen Consumer terkoreksi dari tahun sebelumnya sebesar 7%, relatif lebih kecil dibandingkan dengan penurunan permintaan pasar Consumer TIK yang mencapai belasan persen di tahun 2023 ini.

Unit bisnis distribusi yang dikelola Perseroan terlihat akan semakin cerah, seiring keberhasilan anak perusahaan PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) mendapatkan kepercayaan sebagai distributor resmi IBM.

Dengan diraihnya kepercayaan tersebut, Perseroan siap untuk mengembangkan AI (artificial intelligent) generatif untuk bisnis dengan menawarkan produk perangkat lunak dan perangkat keras IBM yang komprehensif, termasuk produk advanced server, storage, dan software yang termutakhir untuk memenuhi kebutuhan konsumen bagi sektor pasar komersial di Indonesia.

Peningkatan pendapatan unit bisnis solusi dan konsultasi terutama didukung oleh penjualan kepada sektor keuangan, telekomunikasi, serta minyak dan gas bumi (segmen Enterprise) yang bertumbuh sebesar 29,7%YoY.

 

Selain itu, peningkatan pendapatan juga diperoleh berkat inisiatif Perseroan untuk menyediakan solusi TIK yang inovatif dan relevan dengan perkembangan transformasi teknologi saat ini.

Trend teknologi yang marak di pasar Solusi TIK terutama berasal dari Cloud HyperscalerDigital Business PlatformBusiness Application, Cybersecurity, Software Subscription dan SaaS, dan uniknya pendapatan yang diterima cenderung bersifat recurring. Sampai dengan 2023 kemarin, unit bisnis solusi dan konsultasi membukukan kontribusi pendapatan recurring sebesar 38,7%.

Sementara itu, melalui anak usaha PT Mitra Integrasi Informatika (MII), MTDL juga baru saja menjalin kemitraan melalui inisiatif strategis dengan Microsoft, sebagai bentuk komitmen berkelanjutan untuk menyajikan rangkaian layanan terkini dan mendorong adopsi AI bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Melalui kemitraan tersebut, MII menyediakan layanan Azure OpenAI yang komprehensif, konsultasi dan implementasi ahli, solusi AI yang disesuaikan, serta kepatuhan dan keamanan yang kokoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×