kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Motor niaga Viar makin gesit di pasar


Senin, 22 Desember 2014 / 11:08 WIB
Motor niaga Viar makin gesit di pasar
ILUSTRASI. Everything Everywhere All At Once dibintangi Michelle Yeoh, dan beberapa judul film lain yang memiliki tema cerita tentang multiverse.


Reporter: Widiyanto Purnomo | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Di saat pasar sepeda motor sedang lesu, penjualan sepeda motor roda tiga justru melesat. Viar, salah satu produsen sepeda motor roda tiga yang biasa digunakan untuk bisnis, berhasil mencatat kenaikan penjualan sepanjang tahun ini.

Sampai pertengahan Desember 2014, penjualan sepeda motor roda tiga milik Viar rata-rata mencapai 3.500 unit per bulan. Angka ini naik jika dibandingkan dengan rata-rata penjualan bulanan di periode yang sama tahun lalu, yaitu 3.000 unit per bulan. 

Akhmad Zafitra Dalie, Deputy Director Marketing Viar Motor Indonesia, bilang, penjualan motor roda tiga laris mengikuti maraknya usaha mikro. "Ini sesuai potensi ekonomi Indonesia yang ditopang bisnis mikro," kata Dalie kepada KONTAN pekan lalu.

Dalam catatan Dalie, ada 5,5 juta unit usaha mikro yang menjadi segmen pasarnya. Mereka adalah pengusaha kecil, seperti pedagang air mineral isi ulang, pedagang gas, sampai pedagang makanan. "Penjualan kami masih sedikit jika dibandingkan dengan potensi pasar," kata dia. 

Selain pebisnis mikro, Viar juga mengincar petani dan nelayan sebagai konsumennya. Dalie memperkirakan, total penjualan motor roda tiga di negeri ini rata-rata 5.000 unit per bulan. Dalie mengklaim, Viar menjadi menjadi jawara, dengan menguasai 70% pangsa pasar.

Tahun depan, Dalie memperkirakan pasar sepeda motor ini tumbuh 20%, mengikuti pertumbuhan usaha mikro. Untuk menggenjot penjualan, Viar tak hanya memproduksi sepeda motor roda tiga dengan bak atau boks saja. Viar juga membuat terobosan dengan sepeda motor roda tiga dengan boks pendingin atau kulkas bertenaga listrik. 

Selain itu, Viar merancang sepeda motor roda tiga yang dilengkapi dengan mesin penggilingan padi untuk para petani. "Terobosan ini meningkatkan nilai tambah yang dihasilkan petani dan nelayan," ujar Dalie.

Sekadar informasi, Viar memproduksi sepeda motor niaga di Semarang, Jawa Tengah. Pabrik tersebut berdiri sejak tahun 2000 lalu dan berkapasitas produksi aneka jenis sepeda motor sebanyak 25.000 unit per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×