kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paques, solusi big data karya anak bangsa


Selasa, 22 Agustus 2017 / 16:59 WIB
Paques, solusi big data karya anak bangsa


Reporter: Tantyo Prasetya | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) menggandeng PT Delapan Sebelas Indonesia meluncurkan solusi Big Data Analytics karya anak bangsa yang diberi nama Paques.

Paques Big Data Processing and Analytic Tools merupakan software Big Data Enterprise dengan engine platform yang lengkap mulai dari integrasi dengan sumber data, pengolahan, analisa, dan visual sudah dalam satu engine platform.

Lie Heng, Direktur Komersial PT SMI menyatakan, potensi industri Big Data Analytics saat ini masih besar. Potensi pasar di Indonesia sebesar US$48 juta dan US$57 miliar secara global.

"Dengan penetrasi pertumbuhan sebesar 39,5% menurut saya potensi pasar Big Data masih sangat besar sekarang," terang Lie saat meresmikan kerja sama tersebut di Jakarta, Selasa (22/8).

Benni Adham, CEO PT Delapan Sebelas menyatakan, keunggulan utama produknya selain menyediakan layanan solusi Big Data juga sekaligus mengembangkan software dan teknologi, sehingga layanan yang ditawarkan merupakan hasil karya milik anak bangsa.

"Kami juga kembangkan software dan teknologinya untuk Big Data Analytic," ujar Benni.

Solusi yang ditawarkan Paques adalah memiliki skema SECAV (Search, Extract, correlate, Aggregate, Visualization) yang memudahkan dan mempercepat proses pengolahan data dengan sistem self service analytics melalui command interpreter yang dilengkapi dengan Natural Language Processing (NLP) yang didukung dengan Bahasa Indonesia dan Machine Learning.

Dengan menggunakan Paques, pengguna tinggal masukkan semua data kemudian akan diolah melalui Self Service Analytics. "Intinya, kami mengeliminasi manual proses," tambah Benni.

Dengan kemampuan Self Service Analytics serta penggunaan Bahasa Indonesia dalam command yang digunakan, mampu memberikan efisiensi yang beragam dalam menyajikan pengolahan data hingga menjadi visualisasi yang beragam.

"Range pengalaman kami efisiensinya sangat besar dan beragam. Ada yang sebelumnya 15 jam menjadi hanya 1 jam. Ada juga yang sebelumnya butuh waktu 3 jam menjadi hanya 7 detik," terang Benni.

Sekadar informasi, PT SMI merupakan bentuk joint venture antara PT Metrodata e-Bisnis yang juga entitas anak dari PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) dengan Synnex Technology International Corp yang fokus di bidang distribusi TIK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×