: WIB    —   
indikator  I  

Pasar sedan mini mulai ngacir

 Pasar sedan mini mulai ngacir

JAKARTA. Tahun ini para agen pemegang merek (APM) otomotif mulai berani meluncurkan mobil sedan ke pasar otomotif nasional. Tak cuma di kelas premium, tapi juga di kelas medium hingga di segmen mini.

Tengok saja PT Honda Prospect Motor yang belum lama ini melansir varian terbaru dari mobil sedan segmen mini, yakni New Honda City. Peluncuran mobil berdapur pacu 1.500 cc tersebut seolah menjadi pertanda mulai bergairahnya segmen mobil sedan di pasar otomotif domestik. Maklum, penguasa pasar mobil nasional sejauh ini masih dikuasai segmen mobil serba guna atau biasa disebut sebagai segmen multipurpose vehicle (MPV).

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, pihaknya sengaja mengeluarkan varian terbaru dari Honda City untuk mengakomodir pilihan berkendara bagi para konsumen. "Sedan adalah mobil yang lebih privat dan individual," katanya kepada KONTAN, Jumat (24/3).

Konsumen yang memilih mobil sedan biasanya adalah para eksekutif yang membutuhkan jatidiri. Ini berbeda dengan konsumen mobil keluarga atau mobil murah ramah lingkungan, yang lebih mementingkan kepraktisan dalam berkendara tanpa melihat dari prestise atau hal yang lainnya.

Selain itu, pasar mobil sedan, terutama di segmen mini juga terbilang lumayan besar. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen sedan mini adalah yang terbesar di pasar domestik. Tahun lalu, dari total penjualan sedan yang berjumlah 13.443 unit, segmen sedan mini berkontribusi 60% dengan total penjualan 5.160 unit.

Pajak berkontribusi besar

Sebagai salah satu penguasa pasar di segmen mobil ini, Honda Prospect Motor pun tak ingin ceruk pasarnya tergerogoti dengan yang lain. Nah, dengan keberadaan varian terbaru dari Honda City ini, Jonfis berharap, penjualan mobil ini bisa terus melaju.

Asal tahu saja, Honda City sudah Honda pasarkan sejak tahun 1996. Secara total, penjualan Honda City dari awal peluncuran hingga Februari sudah mencapai 69.051 unit.

Terkait target penjualan Honda City, Jonfis mematok target 1.100 unit. Naik sekitar 2,1% dari total penjualan tahun lalu yang tercatat 1.077 unit.


Reporter Agung Hidayat, Eldo Christoffel Rafael
Editor Yudho Winarto

OTOMOTIF

Feedback   ↑ x
Close [X]