kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah lelang Blok Migas paling cepat di Februari 2018


Minggu, 11 Februari 2018 / 23:35 WIB
Pemerintah lelang Blok Migas paling cepat di Februari 2018
ILUSTRASI. PASOKAN PERDANA LNG BLOK MAHAKAM ke FSRU Nusantara Regas


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera melelang wilayah kerja (WK) migas. Pelaksanaan lelang tahun ini dilakukan lebih cepat dari lelang WK migas di tahun-tahun sebelumnya.

Dalam dua tahun terakhir, pemerintah memulai lelang WK migas bertepatan dengan Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition (Convex) yang biasanya diselenggarakan sekitar bulan April atau Mei. Namun tahun ini, pemerintah berencana memulai lelang lebih dulu dari acara IPA Convex.

Direktur Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM Tunggal, bahkan mengatakan lelang WK migas bisa dimulai Februari 2018. "Menunggu keputusan pimpinan terkait waktu lelang WK 2018 diumumkan, kami berharap secepatnya setelah tanggal 17 Februari sesuai rencana," kata Tunggal ke KONTAN pada Jumat (9/2).

Sejauh ini Kementerian ESDM telah menyiapkan 43 WK migas yang terdiri dari 40 WK migas konvensional dan tiga WK migas non konvensional. Namun jumlah WK yang akan dilelang bulan ini akan sangat tergantung dengan keputusan puncuk pimpinan di Kementerian ESDM.

"Jumlah WK yang telah disiapkan sesuai yang telah disampaikan Pak Dirjen ke media. Namun pastinya berapa, menunggu pertimbangan pimpinan," imbuh Tunggal.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, jumlah WK yang akan dilelang awal tahun ini mayoritas merupakan WK yang tidak diminati pada tahun-tahun sebelumnya. Seperti WK Tongkol, East Tanimbar, dan Memberamo.

Selain WK yang tidak diminati dalam lelang-lelang WK sebelumnya, Tunggal juga bilang ada beberapa WK yang merupakan WK hasil joint study antara pemerintah dan kontraktor kontrak kerja sama. Sayangnya Tunggal masih merahasiakan WK yang termasuk joint study.

"Ada yang hasil joint study, maka nanti ada yang melalui lelang penawaran langsung dan lelang reguler. Tapi belum bisa disampaikan sekarang tunggu saja saat diumumkan," pungkasnya.

Salah satu contoh WK hasil joint study dalam lelang WK tahun 2017 adalah WK West Yamdena dan WK Pekawai. Kedua WK tersebut merupakan hasil joint study antara Saka Energi Indonesia dan pemerintah.

Maka tidak heran jika Saka Wnergi berhasil memenangi lelang WK Yamdena dan WK Pekawai. Secara total pemerintah telah menetapkan lima pemenang lelang WK Migas Konvensional tahun 2017

Selain Saka Energi, pemenang lelang WK tahun lalu yaitu Konsorsium Premier Oil Far East Ltd-KrissEnergy

(Andaman II)BV-Mubadala Petroleum (Andaman II JSA) Ltd di WK Andaman II, Mubadala Petroleum (SE Asia) Ltd memenangi WK Andaman I, dan WK Merak-Lampung yang dimenangi oleh PT Tansri Madjid Energi.

Dari hasil lelang WK tahun 2017, pemerintah memastikan adanya nilai investasi dari kegiatan komitmen pasti sebesar US$ 23,57 juta. Kegiatan komitmen pasti terdiri dari survey seismik 2D sepanjang 1.500 Km dan survey seismik 3D seluas 2.350 Km2.

Ada juga kegiatan komitmen pasti berupa pemboran satu sumur eksplorasi. Selain investasi dari kegiatan komitmen pasti, pemerintah juga mendapatkan Bonus Tanda Tangan sebesar US$ 3,25 juta.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×