: WIB    —   
indikator  I  

Sebanyak 141 BTS sudah on air

Sebanyak 141 BTS sudah on air

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui dana Universal Service Obligation (USO) yang dikelola oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).

Dhia Anugerah Febriansa, Direktur Infrastruktur BP3TI mengaku hingga saat ini, BP3TI telah membangun 141 BTS yang sudah on air. Jika ditambah dengan pembangunan tahun lalu, total sudah terpasang 254 BTS yang sudah on air.

Sebagai informasi, untuk tahap awal, BP3TI akan membangun jaringan layanan dasar 2G untuk kebutuhan voice dan message dengan menggunakan micro cell karena mempertimbangkan ketersediaan pasokan listrik.

Untuk jaringan BTS 2G dibutuhkan pasokan listrik sebesar 450 watt. Pasokan tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan BTS 3G dan 4G LTE yang membutuhkan pasokan listrik hingga 1.000 watt.

Adapun pihaknya menargetkan akan membangun 300 BTS on air hingga akhir tahun ini dengan fokus daerah yang akan dibangun BTS adalah wilayah Papua, Papua Barat, Kepulauan Mentawai di Sumatera, dan di Sulawesi Utara. Maka dari itu, BP3TI menyiapkan anggaran sebesar Rp 350 miliar untuk merealisasikan target tersebut.

Targetnya, seluruh wilayah di Indonesia nantinya mampu dibangun total 625 BTS dengan target 82.353 desa/kelurahan di Indonesia pada 2019.

 


Reporter Tantyo Prasetya
Editor Rizki Caturini

TELEKOMUNIKASI

Feedback   ↑ x
Close [X]