kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,28   -13,21   -1.43%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di puncak masa lebaran, konsumsi LPG 3 kg di Jawa Timur naik 21%


Sabtu, 08 Juni 2019 / 14:39 WIB
Di puncak masa lebaran, konsumsi LPG 3 kg di Jawa Timur naik 21%


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan LPG 3 kg di Jawa Timur pada masa Lebaran yang jatuh pada Rabu (5/6) hingga H+2 tercatat mengalami kenaikan tertinggi mencapai 21% dari rata-rata harian normal. Puncak kenaikan tersebut terjadi pada hari Senin (3/6) atau H-2 Lebaran dengan penyaluran mencapai 4.585 metrik ton (MT), dari rata-rata harian.

Sehari berselang (4/6) atau pada H-1, konsumsi LPG 3kg masih mengalami kenaikan hingga 15% dari rata-rata harian. Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus Rustam Aji menyampaikan, pada kondisi normal, penyaluran LPG 3 kg di Jatim sebesar 3.780 MT atau sekitar 1,26 juta tabung per hari.

"Sejak masa Satuan Tugas (Satgas) yang telah dicanangkan, tren konsumsi LPG 3 kg memang mengalami kenaikan, dimana puncaknya terjadi pada Senin lalu, dengan penyaluran setara 1,5 juta tabung 3 kg, naik 21% dari normal" ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/6).

Rustam menjelaskan, secara kumulatif selama sebulan Ramadan konsumsi LPG 3 kg di Jawa Timur meningkat 7%. Angka itu masih dalam rentang prediksi Pertamina sebelumnya, yang mengantisipasi kenaikan hingga 9% dari rata-rata harian normal.

Adapun, kenaikan tersebut dipicu dengan tren masyarakat yang mulai melakukan kegiatan memasak selama Ramadan, khususnya menjelang hari raya Idul Fitri. "Tim Satgas Pertamina selama masa satgas sampai dengan H+15 Lebaran masih terus memonitor disitribusi dan penjualan LPG 3 kg di lapangan sehingga dapat dipastikan ketersediaan stok LPG 3kg di jalur distribusi resmi Pertamina aman," tutur Rustam.

Selain mengoptimalkan stok di enam Depot dan Kilang LPG, serta seluruh SPPBE yang ada di Jatim, Pertamina juga berkoordinasi dengan lembaga penyalur LPG, untuk mengaktifkan agen dan pangkalan siaga yang tetap buka melayani di hari libur. Di Jawa Timur, sambung Rustam, jumlah agen siaga mencapai 352 untuk LPG 3 kg, dan pangkalan siaga LPG 3 kg mencapai 3.800, termasuk SPBU yang menyediakan LPG 3 kg.

Lebih lanjut, Rustam mengimbau kepada masyarakat untuk membeli LPG di agen dan pangkalan resmi Pertamina, agar mendapat harga yang sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan di masing-masing pemerintah daerah dan jika ingin menanyakan mengenai ketersediaan produk LPG 3kg dapat dengan menelpon kontak Pertamina 135.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×