kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN normalkan 88% gardu di Manado, listrik 77.034 pelanggan kembali menyala


Senin, 18 Januari 2021 / 08:18 WIB
PLN normalkan 88% gardu di Manado, listrik 77.034 pelanggan kembali menyala
ILUSTRASI. PLN logo


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil menyalakan kembali 694 gardu dari 784 gardu yang teridentifikasi terdampak banjir dan tanah longsor di Manado hingga Minggu (17/1) pukul 17. WITA. 

Hal tersebut berdampak terhadap listrik yang kembali menyala untuk 77.034 pelanggan dari total 87.024 pelanggan yang sebelumnya terhenti pasokan listriknya untuk keamanan ketenagalistrikan.

Manager PLN UP3 Manado Andre Lengkong mengatakan, bahwa petugas PLN dengan cepat menginventarisasi infrastruktur yang terdampak dan penormalan kembali secara bersamaan untuk memastikan keamanan ketika listrik listrik dinyalakan. Tidak kurang dari 138 personil dikerahkan untuk segera mempercepat pengoperasian kembali sistem kelistrikan kembali.

“PLN terus berusaha menormalkan kembali daerah yang masih terdampak. PLN juga menyiapkan Posko Siaga 24 jam untuk layanan pengaduan dan melakukan pengawasan di daerah yang berpotensi banjir dan longsor," ungkap Andre lewat keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (17/1) malam.

Baca Juga: Heboh tagihan listrik membengkak hingga Rp 68 juta, PLN angkat bicara

Dia menambahkan, PLN juga kembali menghimbau kepada masyarakat ketika cuaca ekstrem seperti ini untuk segera melaporkan potensi bahaya kelistrikan kepada PLN untuk kenyamanan dan keselamatan bersama.

PLN Menghimbau:

  1. Masyarakat mau merelakan pohon di rabas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi gangguan listrik saat hujan 
  2. Matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) (apabila ada genangan air)
  3. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
  4. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman
  5. Masyarakat diminta segera melaporkan ke PLN untuk penghentian Pasokan Tenaga Listrik apabila sudah terdapat Potensi Terkait Banjir yang datang untuk keselamatan masyarakat.

Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial PLN 123, dan aplikasi smartphone PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja di mana saja.

Hingga Minggu (17/1), daerah-daerah yang masih dalam tahapan recovery yaitu meliputi daerah Banjer, Tikala, Komo, Taas, Senduk, Tambala, Tangkuney, Kayuuwi, Tareran, Makawembeng, Watumea, Tanggari, Tombasian, Ranolambot.

Selanjutnya: PGE Area Ulubelu jamin pasokan listrik pasca gempa yang guncang Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×