kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Asian Games, penjualan ritel tumbuh 10%-15%


Rabu, 05 September 2018 / 19:25 WIB
Ada Asian Games, penjualan ritel tumbuh 10%-15%
ILUSTRASI. Roy N. Mandey, Ketua Umum Aprindo


Reporter: Aulia Fitri Herdiana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan industri ritel merasakan dampak positif dari gelaran Asian Games 2018 yang baru saja berakhir hari pekan lalu.

"Oh jelas berpengaruh, memberi dampak yang sangat signifikan bagi kami," ucap Roy Mandey , Ketua Umum Aprindo kepada Kontan.co.id Rabu (5/9).

Kelima tipe store ritel yakni minimarket, supermarket, hypermarket, departement store dan kulakan ikut merasakan kenaikan penjualan berkat event olahraga terbesar di Asia tersebut.

Roy menambahkan, selama dua pekan penyelenggaraan, para pelaku ritel mengalami pertumbuhan penjualan sekitar 10%-15%. Angka ini menurutnya sangat baik dan mendorong gairah pelaku usaha.

"Mengutip data dari Bappenas kemarin, wisatawan mancanegara ada sekitar 152.000 sementara wisatawan lokal sekitar 254.000 jadi total ada 406.000 kunjungan selama dua minggu itu," jelasnya. 

Roy mengumpamakan setiap kunjungan berbelanja rata-rata Rp 2 juta maka total nilai transaksi bisa mencapai Rp 1 triliun.

Ia menilai ajang internasional seperti Asian Games memberi peluang pengusaha untuk memperkenalkan produk unggulannya. Bahkan, beberapa pengusaha anggota Aprindo bercerita, sejumlah wisatawan memborong produknya hingga kehabisan stok. "Ada juga yang minta dikirim langsung ke negaranya karena tidak mau repot membawa di pesawat," terang Roy.

Adanya dampak positif yang dirasakan peritel, membuat Aprindo yakin pertumbuhan double digit hingga akhir tahun 2018 dapat dicapai.

Di sisi lain, Roy berharap pemerintah akan semakin mendukung para pengusaha lokal dengan memberi wadah atau spot khusus bagi produk lokal. "Atau beri radius PPN untuk produk lokal, yang untuk wisman bisa dikurangi saat di airport, kan itu juga bisa meningkatkan penjualan lokal," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×