kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Ada bus Transjakarta terhenti di pelintasan kereta api, ini respons KAI


Rabu, 02 Juni 2021 / 10:16 WIB
Ada bus Transjakarta terhenti di pelintasan kereta api, ini respons KAI
ILUSTRASI. Ada bus Transjakarta terhenti di pelintasan kereta api, ini respons KAI

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sebuah video yang menampilkan unit Bus Transjakarta terhenti di pelintasan kereta api viral di media sosial. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba memberikan tanggapan terkait hal tersebut. 

Kata Anne, peristiwa itu terjadi di pelintasan kereta api antara Stasiun Sudirman dan Stasiun Manggarai.

"Peristiwa tersebut berlangsung pada Senin, 31 Mei 2021 sore hari sekitar pukul 17.00 WIB. Lokasi di salah satu pelintasan pada jalur rel antara Stasiun Sudirman-Stasiun Manggarai," ujar Anne dalam keterangannya, Rabu (2/6/2021). 

Anne menuturkan, masinis KRL yang akan melewati pelintasan tersebut sudah melihat ada Bus Transjakarta terhenti di pelintasan dari jarak cukup jauh. Oleh karena itu, masinis bisa menghentikan laju kereta. 

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) targetkan gelar IPO Adhi Commuter Properti di akhir tahun 2021

"Masinis KRL yang akan melewati pelintasan tersebut dapat melihat adanya kendaraan yang masih berada di pelintasan dari jarak yang cukup, sehingga dapat menghentikan KRL dan memberi kesempatan kendaraan untuk bergerak dari pelintasan hingga situasi aman," tutur Anne. 

"KRL kemudian melewati lokasi dengan aman dan lancar. Perjalanan kereta-kereta selanjutnya yang melintas di lokasi juga berjalan lancar dan aman, tidak terpantau ada kendala perjalanan dan operasional KRL pada jalur tersebut," lanjut Anne. 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo memastikan bahwa bus yang terhenti di pelintasan Halimun, Jakarta Pusat, itu bukan disebabkan kerusakan bus. 

"Insiden ini dipastikan bukan karena adanya kerusakan pada bus. Investigasi sedang dilakukan untuk mencari penyebabnya," kata Sardjono dalam keterangannya, Selasa (1/6/2021). 

Baca Juga: Transportasi kembali normal, Bank DKI dorong nasabah bertransaksi non tunai

Hingga saat ini, PT Transjakarta masih menyelidiki lebih lanjut penyebab bus terhenti. 

"Atas kejadian ini, Transjakarta melalui tim operasional dan tim teknik akan melakukan investigasi lebih lanjut. Penyebab kejadian saat ini tengah diselidiki oleh pihak terkait. Pramudi yang bertugas saat itu juga turut diberikan sanksi," ucap Sardjono.

Penulis : Ira Gita Natalia Sembiring
Editor : Nursita Sari

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transjakarta Terhenti di Pelintasan Kereta, KAI: Masinis Lihat Bus dari Jauh sehingga Bisa Hentikan KRL".

Selanjutnya: Kereta api jarak jauh kembali beroperasi normal, ini jadwal keberangkatannya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×