kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ada gangguan kabel bawah laut, layanan IndiHome sudah berangsur normal


Senin, 20 September 2021 / 11:29 WIB
Ada gangguan kabel bawah laut, layanan IndiHome sudah berangsur normal
ILUSTRASI. Petugas melakukan perawatan jaringan internet indihome. Tribunnews/Irwan Rismawan


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan internet Telkom Group mengalami gangguan di sejumlah wilayah sejak kemarin (19/9) sore. Gangguan teknis terutama pada layanan internet terjadi di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengungkapkan, layanan Telkom Group baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatra dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak mulai sekitar pukul 17.33 WIB kemarin (19/9).

Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini. Sejak terjadinya gangguan, sambung Pujo, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

Baca Juga: Telkom telah menemukan titik gangguan internet IndiHome dan Tekomsel

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," kata Pujo kepada Kontan.co.id, Senin (20/9).

Sementara itu, gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. Dengan diketahuinya titik gangguan, Pujo memastikan pihaknya segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal. 

"Telkom berkomitmen memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan," pungkas Pujo.

Selanjutnya: Hingga pagi ini internet Telkomsel masih mengalami gangguan, ini wilayah terdampak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×