kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada PSBB dan larangan mudik, Hutama Karya akui pendapatan dari jalan tol bisa turun


Minggu, 03 Mei 2020 / 17:40 WIB
Ada PSBB dan larangan mudik, Hutama Karya akui pendapatan dari jalan tol bisa turun
ILUSTRASI. Seorang pengendara roda empat menempelkan kartu E-Tollnya di pintu masuk Jalan Tol Medan-Binjai, Kota Binjai, Sumatera Utara, Senin (27/5/2019). Hutama Karya akui adanya potensi penurunan pendapatan jalan tol akibat PSBB dan pelarangan mudik. ANTARA FOTO/


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) belum dapat memastikan adanya potensi penurunan pendapatan akibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik yang berdampak terhadap lalu lintas kendaraan di jalan tol yang dikelolanya.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan, saat ini pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berpotensi pada penurunan trafik pada jalan tol yang dikelola HK. Namun, dari sisi pendapatan perusahaan konstruksi plat merah itu belum dapat memproyeksikannya.

Baca Juga: ATI: Mudik dilarang, lalu lintas harian di ruas tol turun 60%

"Potensi pendapatan yang hilang akibat efek PSBB dan larangan mudik, belum dapat kami pastikan saat ini," ujarnya kepada kontan.co.id, Sabtu (02/5).

HK juga belum mempunyai rencana menutup operasional tol selama karantina wilayah yang telah dicanangkan pemerintah.

Fauzan menjelaskan, perusahaan belum berencana menutup akses jalan tol karena kebijakan dari pemerintah juga mengharuskan tol untuk tetap dibuka. Karenanya, semua jalan tolnya akan beroperasi seperti biasa. "Hal itu supaya kendaraan logistik bisa dengan lancar didistribusikan," ujarnya.

Hanya saja, pihaknya mengkhususkan untuk jalan tolnya di Trans Sumatra yang akan dibatasi dengan adanya penyekatan. Hal tersebut disebabkan kendaraan yang boleh melintas di jalan tol hanya kendaraan logistik saja, sementara untuk kendaraan pribadi/berpenumpang tidak diperbolehkan untuk melintasi tol dan akan diminta untuk putar balik ke daerah asal.

Baca Juga: Ada PSBB dan larangan mudik, lalu lintas kendaraan di 14 ruas tol anjlok hingga 80%

Sejauh ini, Fauzan mengungkapkan, pencapaian kinerja Hutama Karya pada triwulan I/2020 diklaim masih sesuai dengan target yang ditetapkan. Pihaknya juga optimistis masih bisa mencapai target yang ditetapkan pada kuartal II/2020.

"Hingga saat ini kinerja perseroan masih berdasarkan target yang ditetapkan hingga akhir tahun 2020 atau no revision," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×