kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,63   6,96   0.81%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adhi Karya (ADHI) Garap Sejumlah Proyek Infrastruktur Air Bersih di Berbagai Wilayah


Selasa, 19 Desember 2023 / 19:28 WIB
Adhi Karya (ADHI) Garap Sejumlah Proyek Infrastruktur Air Bersih di Berbagai Wilayah


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Emiten pelat merah, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) cukup aktif menggarap proyek terkait sarana dan prasarana air bersih sepanjang 2023. Proyek tersebut meliputi pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), bendungan, jaringan air bersih atau air baku, kolam retensi, dan pengaman Pantai.

Hingga Oktober 2023, nilai kontrak konstruksi yang diperoleh ADHI atas pekerjaan sarana dan prasarana air mencapai Rp 3,7 triliun. Angka ini setara 6% dari total orderbook ADHI. “Proyek-proyek tersebut tersebar di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan, khususnya di IKN,” imbuh Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto, Selasa (19/12).

Selain proyek yang disebutkan tadi, ADHI juga memiliki inisiatif investasi di sektor air lewat skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), yakni proyek SPAM KPBU Dumai yang sudah beroperasi dengan kapasitas 250 liter per detik dan pada 2024 kapasitasnya naik jadi 450 liter per detik. Ada juga proyek SPAM KPBU Karian Serpong yang saat ini masih dalam tahap perencanaan.

Baca Juga: Bisnis Air Bersih Makin Menarik Bagi Sejumlah Emiten

Bagi ADHI, proyek infrastruktur air bersih sejalan dengan program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur pelayanan dasar masyarakat yakni akses air minum serta sanitasi layak dan aman. ADHI sebagai salah satu BUMN konstruksi tentu mendukung penuh program pemerintah tersebut dengan menyediakan sarana dan prasarana air berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Pada 2024, program pembangunan sarana dan prasarana air masih menjadi prioritas bagi pemerintah. Indikasi anggaran Kementerian PUPR pada 2024 menunjukkan bahwa proyek sumber daya air masih menjadi salah satu yang tertinggi, sehingga ini dapat menjadi peluang bagi pertumbuhan bisnis ADHI.

 

Program pemerintah ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDG) No. 6 terkait Clean Water and Sanitation. Dengan demikian, pada prinsipnya ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan bersama.

“ADHI tent uterus mendukung program pemerintah dalam rangka pembangunan sarana dan prasarana air bersih pada masa depan,” jelas Farid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×