kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Adi Sarana Armada (ASSA) Yakin Volume Pengiriman Anteraja Meningkat Pesat


Jumat, 08 Juli 2022 / 20:34 WIB
Adi Sarana Armada (ASSA) Yakin Volume Pengiriman Anteraja Meningkat Pesat
ILUSTRASI. Penerapan teknologi robot untuk sortir di Anteraja.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) optimistis pengiriman Anteraja di semester I 2022 bisa meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Presiden Direktur ASSA, Prodjo Sunarjanto mengatakan pihaknya optimistis volume pengiriman Anteraja di semester I 2022 ini diperkirakan sekitar 900.000 sampai 1 juta paket per hari. 

“Angka ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan semester I 2021 yang hanya sebesar 400.000 paket per hari,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (8/7). 

Prodjo memaparkan prospek pertumbuhan Anteraja masih sangat besar seiring dengan meningkatnya pembelanjaan online. Adapun manajemen ASSA melihat pasar industri logistik masih sangat potensial dan bertumbuh atas dasar  penetrasi e-commerce dalam negeri bertumbuh di atas 30%. 

Baca Juga: Laba Bersih Wijaya Karya (WIKA) Ambles 98,31% pada Kuartal I 2022

Di sisi lain, berkurangnya mobilitas masyarakat yang diperkirakan akan menurun dengan keharusan menggunakan BBM non-subsidi, maka bisa tetap meningkatkan pola belanja online sehingga kemungkinan akan bisa meningkatkan volume pengiriman Anteraja. 

“Selain itu kami juga melihat peluang-peluang bisnis lain yang sedang berkembang seperti B2B (Pengiriman dokumen), pengiriman C2C, hingga social commerce. Selain itu kita juga melihat peluang pada mid-mile cargo, cross-border delivery, hingga reverse logistics,” ungkapnya. 

Untuk mencapai target tersebut, Anteraja akan terus mengoptimalkan dan memaksimalkan investasi pada teknologi seperti roboting sorting facility yang saat ini sudah digunakan. 

Prodjo menargetkan pengiriman Anteraja secara  rata-rata akan meningkat sekitar 30% atau antara 1,3 juta hingga 1,5 juta parsel/hari di rata-rata Desember 2022. 

Baca Juga: Caturkarda Depo Bangunan (DEPO) Proyeksikan Buka Dua Gerai Baru Tahun Ini

Di sepanjang tahun ini ASSA memproyeksikan target konservatif pertumbuhan kinerja secara konsolidasi sebesar 30% dari top-line dan bottom-line

Selain adanya pertumbuhan dari bisnis logistik, kinerja yang baik juga akan didapat dari bisnis penjualan kendaraan bekas, O2O used car dealer (Caroline) di mana ASSA menargetkan penjualan 2.000 unit mobil. Lalu bisnis lelang ditargetkan untuk bertumbuh sekitar 10% hingga 15% di akhir tahun 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×