kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Agar lebih efisien, Logindo Samudramakmur (LEAD) akan jual tiga kapal tua


Jumat, 11 Oktober 2019 / 19:27 WIB

Agar lebih efisien, Logindo Samudramakmur (LEAD) akan jual tiga kapal tua
PT Logindo Samudramakmur Tbk, perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semester I 2019 menjadi periode yang cukup berat bagi PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD). Di periode tersebut perusahaan mengalami tekanan tarif sewa kapal yang semakin turun.

Saat ini LEAD memiliki total 44 unit kapal atau lebih sedikit dibanding tahun lalu sebanyak 45 kapal. Penurunan jumlah kapal merupakan upaya efisiensi perusahaan. “Kami baru menjual satu unit di bulan lalu, tug boat buatan tahun 1996,” kata Sekretaris Perusahaan PT Logindo Samudramakmur Tbk Adrianus Iskandar kepada Kontan.co.id, Jumat (11/10).

Baca Juga: Restrukturisasi utang, Loginda (LEAD) perlonggar ruang kas untuk ikut tender

Dari 44 kapal, tiga kapal juga rencananya akan dijual karena sudah tua. Artinya, tersisa 41 kapal yang dimiliki LEAD sebagai sumber pendapatannya. Nah, kata Adrianus, seluruh kapal itu saat ini sedang beroperasi atau terutilisasi 100%.

Untuk jenis kapal kecil, saat ini banyak terutilisasi pada kontrak jangka panjang hingga tiga tahun. Kemudian untuk ukuran yang lebih besar sekitar satu sampai dua tahun. 

Yang terbesar yakni Anchor Handling Tug Supply (AHTS) bertenaga 8.000 daya kuda dan 12.000 daya kuda rata –rata hanya sekitar tiga bulan dan paling lama satu tahun. 

“Setiap tahun kami harus cari kontrak baru untuk AHTS 8.000 dan AHTS 12.000,” tambah Adrianus.

Saat ini, beberapa kapal itu juga sedang diikutkan tender sebelum kontraknya habis. Beberapa tender itu seperti Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Hulu Kalimantan Timur, dan Premier Oil.


Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan


Close [X]
×